20/06/2024 21:59
NASIONAL

Abu Bakar Ba’asyir Dukung AMIN, Keluarga Beri Penjelasan

Fokusmedan.com : Rekaman video pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Abu Bakar Ba’asyir mendukung pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar beredar di akun TikTok @aniesvisioner.

Dalam video tersebut Ba’asyir menyebut bahwa pilpres itu bukanlah ideologi, melainkan sebagai alat. Sehingga, bila tujuan mengikuti pilpres untuk membela Islam itu diperbolehkan.

Ba’asyir mengatakan bahwa pasangan calon yang paham Islam adalah paslon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim membenarkan bahwa video suara rekaman yang beredar di medsos adalah Ustaz Abu Bakar Ba’asyir. Iim, sapaan akrabnya juga membenarkan jika ayahnya mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Iya benar,” kata Iim saat dihubungi wartawan, Selasa (16/1).

Lanjut Iim, dukungan untuk pasangan Anies-Muhaimin atas nama pribadi. Ba’asyir menilai Anies-Muhaimin merupakan sosok yang layak untuk didukung pada Pilpres 2024.

“Beliau secara pribadi ya. Pasangan Anies-Muhaimin adalah sosok layak untuk didukung menurut pandangan beliau. Anies-Muhaimin sosok yang tampaknya bisa dipercaya untuk memimpin Indonesia kedepan hanya yang nomor satu,itu keyakinan beliau,” tukasnya..

Dutambahkannya, keputusan untuk mendukung Anies-Muhaimin merupakan hasil renungan Ba’asyir dari apa yang didapatkan informasi selama ini.

“Beliau memang terus memantau perkembangan informasi yang ada,” katanya.

Lebih lanjut Iim menjelaskan, video suara tersebut sebenarnya menjawab pertanyaan dari salah satu jamaah. Kemudian dari yang bersangkutan menyebar.

“Sebenarnya beliau tidak berniat untuk menyebarkan secara khusus hal itu. Jadi itu hanya jawaban dari jamaah terus jamaah tersebut memberikan pada teman-temannya akhir tersebar, mungkin seperti itu,” ungkapnya.

Iim menambahkan, dari keluarga tidak mempermasalahkan dukungan tersebut. Apalagi ayahnya juga mempunyai hak pilih. Artinya saat Ba’asyir punya sikap dan ada jamaah yang menanyakan lalu dijawab dengan sikap seperti yang ada di video.

“Itu kan hak beliau. Kita mau mempermasalahkan gimana, karena beliau punya hak pilih,” pungkasnya.(yaya)