24/06/2024 0:07
NASIONAL

KPU Umumkan Debat Cawapres Kedua 21 Januari 2024 Digelar di JCC Senayan

Fokusmedan.com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan rapat koordinasi dengan masing-masing tim pasangan capres-cawapres. Kegiatan ini dilakukan di kantor KPU RI, Jakarta.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, dalam rapat tersebut telah ditentukan untuk lokasi debat cawapres kedua yang digelar pada Minggu, 21 Januari 2024.

“Yang jelas debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC. Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia,” kata Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (15/1).

“Kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu,” sambungnya.

Kemudian, terkait dengan moderator, tema hingga panelis dalam debat nanti masih akan dilakukan rapat koordinasi pada Rabu, 17 Januari 2024.

“Nah nanti kami rencakan hari Rabu akan bertemu dan itu dalam rangka finalisasi proses semua,” ujarnya.

“Jadi nanti Hari Rabu kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam,” tambahnya.

Selain itu, terkait dengan teknis dalam debat kedua cawapres nanti dipastikan tidak akan adanya perubahan.

“Tidak ada perubahan apapun, kecuali memang perubahan itu kan terkait dengan tema, nah tema yang nanti didebat ke-4 itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-penelis, karena yang kita cari kan kompetensi dari panelis,” ungkapnya.

“Kalau dari sisi pelaksanaan debat mulai dari 150 kemudian 30 menit itu untuk jeda iklan kemudian 120 menit untuk debat on airnya ya, dan dimulai pukul 19.00 Wib, kemudian dibagi dengan enam segmen itu akan sama disitu,” pungkasnya.(yaya)