24/06/2024 9:42
SUMUT

Pj Gubernur Sumut Harapkan Hubungan Baik Terus Berlanjut dengan Tiongkok

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menerima kunjungan Konjen Tiongkok di Medan Zhang Min.

Fokusmedan.com : Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengharapkan hubungan yang telah terjalin antara Sumut dengan Tiongkok, dapat terus berlanjut. Ia pun mengapresiasi hubungan yang telah terjalin baik selama ini.

“Sumut telah menjalani hubungan dengan Tiongkok sejak lama, kita harapkan hubungan baik yang telah terjalin ini dapat terus berlanjut,” kata Hassanudin saat menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan Zhang Min di ruang kerjanya, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Jumat (12/1).

Menurut Hassanudin, banyak potensi Sumut yang bisa dikerjasamakan. Hal tersebut meliputi perkebunan, pertanian, peternakan, hingga pariwisata.

“Sumut ini sangat kaya sekali, banyak potensi daerah yang masih bisa dikerjasamakan, perkebunan, pertanian, peternakan, pariwisata bisa dikerjasamakan, kerja sama ini tentunya dapat meningkatkan gairah perekonomian masyarakat,” kata Hassanudin.

Tahun lalu, Hassanudin juga menerima kunjungan delegasi dari Yunnan, Tiongkok, di ruang kerjanya. Saat itu, Ia juga menawarkan beberapa potensi kerja sama di berbagai sektor. Diharapkan kerja sama tersebut dapat juga berlanjut.

Konjen Tiongkok di Medan Zhang Min juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang selama ini telah menjalin hubungan baik dengan Tiongkok. Ia pun mengungkapkan, hubungan Sumut dengan Tiongkok telah dijalin sejak lama. Contohnya kerja sama antara Sumut dengan Guangdong, yang telah terjalin selama 20 tahun.

Selain itu, Zhang Min juga mengharapkan hubungan yang selama ini telah terjalin baik dapat terus terjaga. Apalagi saat ini hubungan Indonesia dengan Tiongkok, juga dijalin dengan baik oleh kedua pemimpin negara.

“Beberapa tahun ini hubungan Indonesia dengan Tiongkok sangat bagus sebelumnya, dua kepala negara (Presiden Indonesia dan Tiongkok) telah bertemu beberapa kali, saat bertemu, kedua kepala negara membuat banyak konsensus, salah satunya adalah hubungan yang komprehensif,” kata Zhang Min, sembari menyebutkan akan terus berupaya mengundang perusahaan dari Tiongkok untuk berinvestasi di Sumut. (ng)