22/06/2024 7:56
SUMUT

Hadiri Perayaan Hanuman Jayanti, Pj Gubernur Sumut Harapkan Bisa Jadi Agenda Tetap Kalender Wisata

Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menghadiri Peringatan Hari Kelahiran Dewa Hanuman. Ist

Fokusmedan.com : Penjabat (Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menghadiri perayaan kelahiran Dewa Hanoman, yang merupakan salah satu tokoh sentral umat Hindu, yang merupakan simbol kebijaksanaan, kekuatan dan keberanian, pengabdian dan disiplin diri, di Shri Hanuman Kuil, Jalan Teratai Nomor 97, Medan, Kamis (11/1) malam.

Pj Gubernur Hassanudin berharap, perayaan Hanuman Jayanthi tersebut dapat menjadi agenda tetap dalam kalender wisata di Sumut. Sehingga bisa mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun nasional dan membuka peluang ekonomi baru.

“Ke depan perayaan Hanuman Jayanthi menjadi salah satu festival kebudayaan di Sumut. Keindahan dan keunikan budaya ini memberikan peluang ekonomi baru dan kolaborasi untuk lebih memajukan sektor parawisata di Sumut. Selamat Hanuman Jayanthi 2024, semoga semangat keberanian, kesetiaan, berkah dan kedamaian, senantiasa menerangi langkah kita menuju kehidupan yang lebih baik dan harmonis,” ujar Pj Gubernur dalam sambutannya.

Pj Gubernur juga mengatakan, perayaan keagamaan seperti ini menjadi sarana untuk merajut kesatuan dalam perbedaan, karena keragamaan adalah sebuah kekuatan besar untuk memajukan masyarakat.

“Sumut, penduduknya memiliki keberagaman agama dan budaya, momen kebersamaan ini adalah fondasi untuk perdamaian mewujudkan keamanan dan kesejahteraan bersama,” kata Pj Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur juga berpesan, memasuki tahun politik 2024, agar bersama-sama untuk menciptakan Pemilu yang damai. Jadikan pesta demokrasi yang sejuk, dengan menciptakan lingkungan yang kondusif.

“Saya mau mengajak kita semua untuk sukseskan Pemilu 2024, berikan partisipasi kita dengan hadir ke TPS. Saya titip ini ke rohaniawan Hindu, untuk disampaikan kepada seluruh umat Hindu di Sumut” harapnya.

Konsul Jenderal India di Medan Shubham Singh yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih atas undangan di peryaan Hanuman Jayanti dan bisa langsung berinteraksi dengan komunitas masyarakat India di Medan. Hal tersebut juga menunjukkan adanya hubungan baik antara India dan Indonesia.

“Saya sangat senang bisa melihat budaya ini di Indonesia. Ini menunjukkan hubungan yang baik antara India dan Indonesia. Dia juga berharap hubungan yang baik ini bisa terus dipererat dengan program yang dimiliki Pemerintah India, baik program beasiswa maupun training bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumut,” katanya.

Mewakili Panitia, Arimulagen mengatakan, Dewa Hanuman dalam kepercayaan Hindu adalah simbol kekuatan sejati, sebagai dewa dengan kemampuan untuk mencapai kemenangan melawan kejahatan dan memberikan perlindungan dharma bagi umat manusia.

“Perayaan kelahiran Dewa Hanoman sebagai lambang kekuatan, keberanian , pengabdian dan pelayanan tanpa pamrih,” jelasnya. (ng)