17/06/2024 14:23
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Pertajam Kompetensi, Honda Gelar Final Kontes Guru SMK Sumut

Fokusmedan.com : Aksi nyata mewujudkan semangat sinergi bagi negeri dalam upaya meningkatkan kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM se-Sumatera Utara kembali ditunjukkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda dengan melanjutkan rangkaian Festival

Vokasi Satu Hati Regional 2024 kategori Guru yang berlangsung di kantor Indako Development Center ( IDC) Jl. Adam Malik Medan pada 12 Oktober 2023.

Masuki babak final Festival Vokasi Satu Hati ini, para guru ditantang untuk menyelesaikan test praktek meja melalui 5 modul yang terdiri dari general, engine, electrical system, fuel system, dan chasis. Dimana melalui sesi ini, para penguji menuntut masing-masing peserta untuk menunjukkan kemampuannya dalam mencocokkan nama tools dan fungsi, stel klep , merangkai lampu sein, membaca MIL dan reset ECM, serta melakukan penyetelan rem CBS.

Mempertajam skill para guru, tim Technical Honda juga menantang dengan memberikan pengujian troubleshooting pada matik idolanya anak muda New Beat CBS. Dimana pada sesi ini para guru dituntut untuk menyelesaikan masalah pada motor yang kondisi sistem kelistrikannya padam, mucul kedipan MIL, dan sistem rem tidak normal dalam waktu yang telah ditentukan.

Penuh ketegangan dan saling kejar mengejar nilai pun terjadi diantara peserta ajang Festival Vokasi Satu Hati hingga akhirnya berhasil melahirkan para guru terbaik SMK di Sumatera Utara. Sebut saja M. Raja Sanubari Harahap yang berasal dari SMKS PAB 1 Helvetia berhasil meraih juara 1, Tri Rangga Bayu berasal dari SMKN1 Lubuk Pakam berhasil meraih juara ke-2, sedangkan M. Ika Syahputra yang berasal dari SMKS Sri Langkat berhasil meraih juara ke-3.

M. Raja Sanubari Harahap, guru dari SMKS PAB 1 Helvetia yang berhasil predikat terbaik dan berkesempatan untuk mengikuti ajang Festival Vokasi Satu Hati tingkat nasional pada akhir Januari tahun depan ini mengungkapkan sangat bersyukur dapat menjadi yang terbaik dalam ajang bergengsi ini. Menurutnya apresiasi dari Honda ini akan menjadi pemacu semangat untuk lebih meningkatkan kompetensi dan mempersiapkan diri menghadapi kompetisi tingkat nasional nanti.

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa Festival Vokasi Satu Hati Regional 2024 merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen sinergi bagi negeri Honda untuk berkontribusi dalam pengembangan kualitas dunia vokasi melalui peningkatan kualitas guru SMK Mitra Binaan AHM se-Sumatera Utara.

Sementara itu Min Hian, Technical Service Manager PT Indako Trading Coy dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, para guru merupakan garda terdepan dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang tidak hanya cerdas, namun juga berani mejawab tantangan di masa depan. Pihaknya berharap kontes ini tidak hanya menginspirasi para guru SMK Mitra Binaah AHM meningkatkan kualitasnya, namun juga mengisnpirasi para guru lainnya untuk mempertajam kompetensinya sebagai tenaga ajar terbaik bagi anak didiknya.

Festival Vokasi Satu Hati Regional 2024 ini sendiri diikuti oleh 24 guru dari 24 SMK Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Utara seperti Medan, Sri Langkat, Perdagangan, Sibolga, Balige, dan Siborongborong, yang terpilih setelah melalui proses penyisihan 48 guru SMK yang berlangsung sejak Agustus s/d September 2023.(ril)