26/04/2024 3:04
INTERNASIONAL

Meta Pangkas 10 Ribu Pegawai Induk Facebook di PHK Tahap Akhir

Meta pangkas 10 ribu pegawai induk Facebook di PHK tahap akhir. Getty Images

Fokusmedan.com : Meta belum lama ini mengumumkan PHK 10 ribu pegawai yang dilakukan secara bertahap. Kini, tahap ketiga atau terakhir sudah dilakukan sehingga proses pemberhentian pegawai induk Facebook itu telah rampung.

Meta memberhentikan 5.100 karyawan lagi dalam putaran ketiga PHK massal dalam tiga bulan terakhir, menurut pernyataan eksekutif dalam rapat perusahaan Itu membuat total PHK perusahaan menjadi 10.600 pada paruh pertama tahun 2023, sebagai bagian dari ‘tahun efisiensi’ yang dicanangkan Mark Zuckerberg untuk memangkas biaya.

Tidak jelas pegawai divisi apa yang terkena dampak pada putaran terakhir ini, namun tampaknya berdampak pada karyawan non-teknik. Menurut Reuters yang mengutip postingan di LinKedIn orang-orang di bagian pemasaran, komunikasi dan tim perekrutan telah kehilangan pekerjaan mereka.

Meta juga akan memangkas hampir 500 pekerjaan dari kantornya di Irlandia atau sekitar 20% tenaga kerjanya di negara itu. Meta menolak mengomentari pemangkasan tersebut.

Dalam pesan Mark Zuckerberg beberapa waktu silam, dia mengatakan bahwa kondisi ekonomi telah menyebabkan pendapatan jauh lebih rendah dari yang diharapkan. Zuck menggambarkan PHK sebagai beberapa perubahan tersulit yang dibuat dalam sejarah Meta, tapi adalah apa yang dibutuhkan untuk maju.

Zuckerberg telah berbicara secara terbuka tentang perlunya lebih banyak efisiensi belakangan ini. Dia menjuluki 2023 sebagai tahun efisiensi Meta, dan mengatakan dia ingin menciptakan struktur manajemen yang lebih datar di perusahaan.

“Saya terus percaya bahwa memperlambat perekrutan, meratakan struktur manajemen kami, meningkatkan persentase perusahaan kami yang bersifat teknis dan memprioritaskan proyek secara lebih ketat akan meningkatkan kecepatan dan kualitas pekerjaan kami,” katanya yang dikutip detikINET dari Engadget.

Kesimpulan dari putaran terakhir PHK membuat jumlah pekerja Meta telah terpangkas total sekitar 21.000 orang. Itu karena pada akhir tahun silam, sudah ada 11 ribu karyawan Meta diberhentikan.

Meskipun PHK Meta termasuk yang tertinggi di industri, mereka bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang melakukannya beberapa bulan terakhir. Amazon, Google, Microsoft, dan puluhan perusahaan lainnya telah secara dramatis menyusutkan tenaga kerja mereka sejak awal tahun. (ram)