17/06/2024 13:16
SUMUT

Angkat Kearifan Lokal, Mahasiswa Poltekpar Medan Pamerkan Menu Nusantara

Kegiatan Pastry Display 2023 di Poltekpar Medan. Ist

Fokusmedan.com : Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan Semester IV Program Studi Seni Pengolahan Patiseri pamerkan puluhan menu nusantara di Patry Display 2023. Kegiatan ini menjadi ajang mahasiswa untuk mengekspresikan ketrampilan yang dimiliki di bidang kuliner.

Ketua Program Studi Seni Pengolahan Patiseri, Jerry Wilson Simanjuntak SS, M.Hum mengatakan, kegiatan Pastry Display seperti ini digelar setahun dua kali. Dan ini merupakan kegiatan yang menunjukkan bahwasannya mahasiswa yang sudah menerima pendidikan benar-benar mengaplikasikan sesuai bimbingan selama 3 tahun.

“Orang tua bisa melihat kreativitas anak-anak yang sudah mampu mengelolah kemampuannya seperti hasil produk yang diajarkan di Poltekpar. Ini merupakan potensi yang mereka miliki,” ujarnya di Kampus Poltekpar Medan, Kamis (25/5/2023).

Jerry Wilson melanjutkan, anak-anak di sini dibimbing dengan benar oleh dosen berpengalaman selama tiga tahun. Artinya, ada teori dan ada praktek dan keduanya harus seimbang.

Harapannya, tambah Jerry, mahasiswa yang sudah menjalani proses pembelajaran di Poltekpar Medan dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki sehingga mereka lebih siap pakai di dunia kerja ke depannya. Minimal, bisa membuka peluang usaha sendiri.

“Kami mengajak masyarakat untuk dapat menguliahkan anaknya belajar di Poltekpar Medan sehingga menjadi sumber daya manusia yang lebih baik lagi dengan memiliki ketrampilan yang menunjang sektor pariwisata,” pungkanya.

Ketua Panitia, Elgiana Maharani mengatakan, dengan adanya Pastry Display seperti ini mahasiswa bisa menunjukkan kepada orang tua, tamu, dan dosen bahwa mahasiswa di sini bisa membuat menu nusantara seperti cemilan, roti, minuman, es krim, dan menu utama berstandar internasional. Sebab, apa yang diajarkan di Poltekpar Medan sesuai dengan standar Internasional.

“Dengan mengambil tema Newsantara, mahasiswa mengangkat kearifan lokal dan dikembangkan menjadi produk-produk lebih modern. Di sini ada puluhan menu yang sudah kami modifikasi, istilahnya, menu modern tetapi dikombinasikan dengan bahan-bahan tradisional seperti rempah-rempah Indonesia,” pungkas mahasiswi Semester IV B ini.

Nur Baity selaku orang tua mahasiswa mengaku, sebagai orang tua, dirinya sangat bangga karena anak-anak menunjukkan hasil yang terbaik di bidang pastry hari ini. Inilah proses dari kesabaran dan kreativitas yang telah benar-benar diberikan anak-anak selama ini.

“Semoga kerja keras bapak ibu dapat tergantikan dengan prestasi yang akan dicapai anak-anak setelah tamat dari sini dan tetaplah berkarya, berlatih, berinovasi sehingga bisa berhasil ke depannya. Terimakasih kepada dosen pengajar dan seluruh staf di sini,” ucapnya. (ng)