30/04/2024 9:54
NASIONAL

Lion Air Gagal Mendarat di Banda Aceh Akibat Cuaca Buruk

Fokusmedan.com : Maskapai Lion Air rute Medan, Sumatera Utara menuju Banda Aceh gagal mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar. Pesawat tersebut kembali ke Bandara Internasional Kualanamu akibat cuaca buruk.

Manajer Operasional Angkasa Pura II Surkani mengatakan pesawat Lion Air JT 306 tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara SIM Aceh pada pukul 14.20 WIB, namun terpaksa harus kembali ke Bandara Kualanamu karena cuaca buruk.

“Tadi Lion Air (tidak jadi mendarat) karena cuaca, jadi balik ke Kualanamu dulu untuk sementara,” kata dia di Aceh Besar dilansir Antara, Selasa (2/5).

Ia menjelaskan pesawat Lion Air tersebut sudah beberapa kali mencoba untuk mendarat di Bandara SIM Aceh Besar, namun kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk mendarat, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dari maskapai itu.

Oleh karena itu, lanjut dia, untuk sementara pesawat tersebut kembali ke Bandara Kualanamun atau return to base (RTB). Rencananya, pesawat ini akan terbang kembali menuju Banda Aceh setelah mendapatkan informasi terbaru terkait dengan kondisi cuaca di Aceh dari BMKG.

“Tadi sudah beberapa kali mau landing, karena tailwind (angin dari belakang), anginnya tidak sesuai dengan SOP mereka, jadi mereka tidak berani landing. Jadi ini faktor cuaca saja sebenarnya,” katanya.

Bandara SIM Aceh Besar, menurut Surkani, dalam kondisi aman dan tidak memiliki gangguan apapun. Bahkan, ada beberapa maskapai juga sudah berhasil mendarat dengan sempurna pada jadwal yang sama.

“Di Bandara (SIM) tidak ada masalah, karena Garuda Indonesia landing ini, Batik Air juga landing. Yang namanya angin tidak bisa kita prediksi,” ujarnya.