14/06/2024 7:39
NASIONAL

Jenazah Prajurit Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Timika

Sertu Robertus Simbolon, anggota Satgas Yonif PR 305/TKR menjadi korban penembakan KKB. Korem 173/PVB

Fokusmedan.com : Jenazah Sertu Robertus Simbolon, anggota Satgas Yonif PR 305/TKR yang menjadi korban penembakan KKB di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Senin, dievakuasi ke Timika.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo kepada ANTARA di Jayapura, Senin, mengatakan bahwa evakuasi jenazah anggota Satgas Yonif PR 305/TKR ke Timika menggunakan pesawat Smart Aviation dengan kode penerbangan PK-SNP.

Pada hari Selasa (11/4), lanjut dia, jenazah akan diterbangkan ke Jakarta. Selanjutnya, menggunakan jalan darat ke Mako Yonif PR 305/TKR, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Setelah itu, jenazah diterbangkan ke Medan untuk dimakamkan di kampungnya.

“Saat ini jenazah disemayamkan di Makodim 1704/Mimika di Timika,” kata Brigjen TNI Sri Widodo melalui telepon selulernya dikutip Antara, Senin (10/4/2023).

Korban terkena tembak pada Minggu (9/4) sore di bagian perut dan tangan. Sertu Robertus Simbolon meninggal dunia setibanya di Puskesmas Sugapa.
​​​​​​
Ketika ditanya KKB kelompok mana, Danrem Biak yang wilayahnya meliputi Provinsi Papua dan Papua Tengah mengatakan bahwa mereka merupakan anak buah Joni Botak.

“Para pelaku memang anak buah Joni Botak yang saat ini dilaporkan sudah keluar dari Kabupaten Intan Jaya,” kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo.

Wilayah Korem 173/PVB meliputi Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, dan Kabupaten Waropen yang masuk Provinsi Papua.

Selain itu, Kabupaten Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya, Puncak, dan Kabupaten Puncak Jaya yang masuk Provinsi Papua Tengah. (ram)