22/05/2024 2:49
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Astra Honda Best Student 2023 Wadahi Inovasi Gen Z Sumut

Fokusmedan.com : Kabar gembira kembali dibagikan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda kepada para pelajar setingkat Sekolah Lanjutan Tengah Atas (SLTA) se-Sumatera Utara seiring dengan telah dibukanya pendaftaran ajang adu kreativitas dan Inovasi dalam program bergengsi Astra Honda Motor (AHM) Best Student selama periode 15 Maret s/d 20 Juli 2023 mendatang.

Bertemakan “ Gen Z Kuat, Indonesia Hebat “, Honda menantang para pelajar multitalenta Sumatera Utara untuk berlomba dalam memaparkan gagasan dan karyanya dalam membangun negeri, mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini.

Untuk dapat unjuk kemampuan dalam ajang bergengsi ini, para para pelajar tingkat SMA Sumatera Utara dapat melakukan registrasi secara mudah, sederhana dan tanpa biaya yang dimulai pada 24 Maret s/d 20 Juli 2023 dengan mengunjungi link https://bit.ly/RegistrasiAHMBS2023RegSUMUT, sedangkan untuk melihat panduan AHM Best Student yang telah dikemas secara kekinian, para pelajar dapat mengunjungi https://bit.ly/PanduanAHMBS2023

Para calon peserta juga dapat mengakses informasi lebih lanjut dengan mengunjungi laman media sosial Instagram @Indakohondasumut dan @Sahabat1Hati, serta menghubungi pihak Honda di nomor 0821 6710 0820. Setelah memenuhi proses administrasi dan penilaian yang ketat, maka nantinya akan ditentukan para pelajar pilihan untuk mengikuti seleksi regional pada 5 Agustus mendatang.

Sutjipto, Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, ajang Astra Honda Best Student merupakan salah satu program sinergi bagi negeri berupa pencarian dan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi di wilayah Sumatera Utara melalui beragam tema kompetisi kreatif yang disuguhkan setiap tahunnya. Pihaknya berharap program AHM Best Student ini dapat menjadi inspirasi pelajar agar menjadi generasi solutif untuk menjawab berbagai tantangan masa kini.

“ Dalam perjalananya, AHM Best Student sudah memberikan kebanggaan bagi bangsa dengan konsisten berkontribusi melahirkan banyak talenta melalui karya dalam bentuk ide maupun invensi yang segar, adaptif dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat di sekitar wilayah siswa,” Ujar Sutjipto.

AHMBS 2023 sendiri digelar dengan menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi dengan mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). Para calon perserta juga diperkaya dengan berbagai informasi dan petunjuk pembuatan makalah secara mudah, cara membuat materi presentasi yang menarik dan video kreatif sesuai dengan kategori yang diikuti. Para siswa multitalenta yang juga aktif di bidang sosial dan keagamaan, budaya dan olahraga dapat mengikuti kompetisi ini sesuai dengan minatnya sejalan dengan 17 indikator SDG’s.

Gen Z yang menjadi siswa sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023 dapat menuangkan karya terbaiknya di kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype. Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.(ril)