24/06/2024 9:30
SUMUT

Arus Mudik Lebaran 2023 di Sumut Dipresiksi Alami Peningkatan

Ilustrasi mudik dengan menggunakan moda kereta api. Antara

Fokusmedan.com : Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumatera Utara (Sumut), Agustinus memperkirakan, arus mudik Lebaran 2023 dengan menggunakan semua moda transportasi akan mengalami peningkatan dibandingkan pada mudik Lebaran tahun 2022 lalu  Begitupun, peningkatan diprediksi tidak terlalu jauh jumlahnya.

“Prediksi kita masih kompilasi data, kalau hitung-hitungan kita tidak terlalu jauh, arus mudik Lebaran tahun lalu. Jumlah ini jika dilihat aktivitasnya dengan seluruh moda transportasi,” ucap Agustinus, Jumat (24/3/2023).

Agustinus mengungkapkan, mobilitas tinggi pemudik Lebaran 2023 ini, sama seperti tahun sebelumnya, sangat longgar dan tidak ada pembatasan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akibat pandemi Covid-19.

“Polanya hampir sama, tidak ada lagi pembatasan, yang penting vaksin syarat perjalanannya, lebih longgar,” sebut Agustinus.

Untuk seluruh moda transportasi, Agustinus memprediksi akan terjadi kenaikan pemudik sekitar 5 hingga 15 persen. Namun, kenaikan pemudik tersebut, dengan merujuk musim mudik Lebaran 2022.

“Untuk angkutan jalan sekitar 5-10 persen, kereta api 15 persen sama seperti udara, yang cukup tinggi dan di laut sekitar 10 persen, seperti itu (prediksi) peningkatan,” tutur Agustinus.

Dari segi persiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2023, Agustinus mengatakan terlalu dini hendak disampaikan. Karena, harus terlebih dahulu disusun skema pengamanan bersama TNI/Polri dan stakeholder terkait.

Begitu juga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tengah mengebut proses perbaikan jalan, terutama jalan berstatus jalan provinsi, yang jadi perlintasan bagi pemudik nantinya.

Perbaikan jalan tersebut, merupakan mega proyek dari Rp2,7 triliun dari APBD Sumut secara multiyears. Kini, proses pengerjaan tengah dilakukan sampai saat ini. (ng)