24/06/2024 2:03
SUMUT

Afandin Sosok Pemimpin Berahlak

Fokusmedan.com : Plt Bupati Langkat, Syah Afandin, dicermati sebagai sosok pemimpin yang berahlak. Pasalnya, acap kali kedepankan urusan ibadah di tengah kesibukan mengemban tugas kesehariannya.

Hal itu diutarakan ustadz Hilman disela sela memberikan tausyiah saat Tabligh Akbar berkaitan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah di Alun-alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Kamis (9/3/2023) kemarin.

Kekaguman penceramah asal Jakarta itu cukup beralasan. Pasalnya, Ondim sebutan akrab buat Syah Afandin, selalu saja menghentikan setiap kegiatan diikuti saat mendengar seruan Adzan untuk shalat.

“Tadi (sebelum ceramah) ada yang bilang ke saya, pak Plt Bupati ini (Syah Afandin) ketika sedang rapat atau kegiatan apapun jika dengar suara adzan, langsung menghentikan rapatnya dan bergegas menunaikan ibadah shalat,” kata Hilman dihadapan ribuan jamaah.

Makanya, sambung dia, sikap tersebut merupakan contoh baik sebagai sosok pemimpin. Nah, jika seseorang sudah dapat menjalankan kewajibannya terhadap sang pencipta, maka diyakini sosok dimaksud tidak akan lupa menjalankan tugas sebagaimana diamanahkan untuk memimpin.

Dalam materinya, ustadz Hilman kedepankan 5 hal mesti diamalkan selain shalat 5 waktu untuk kebaikan dunia akhirat yakni senyum, syukur, sabar, sedekah dan silahturahmi.

Mensahuti itu, Ondim merasa, apa yang diperbuat berupa kewajiban mesti dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kehariban Sang Khalik.

Selanjutnya, politisi PAN ini menjabarkan selain memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang baik Kabupaten Langkat pun merupakan pemilik wilayah paling luas di Sumatera Utara harus disyukuri serta dituntut pengelolaan maksimal guna kesejahteraan.

Tak lupa dia utarakan, pelaksanaan Isra Miraj kali ini terlaksana dengan suasana baru, dihadiri sekaligus berkumpulnya banyak orang.

“Setelah melewati masa sulit saat pandemi Covid-19, akhirnya kita bisa berkumpul ramai kembali seperti ini untuk mendengarkan tausiah agama, semoga bermanfaat bagi bekal akhirat kita semua,” beber dia seraya mengajak berdoa dijauhkan dari marabahaya dan diberikan kemakmuran.

Pada momen itu terlihat hadir Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmad, Kejari Langkat Mei Abeto, perwakilan Danyon 8 Marinir Harimau Putih dan Danyon Raider, jajaran pimpinan OPD Pemkab Langkat, Ketua MUI, IGTPQ, Bhayangkari, Al-Hidayah, IPEMI, LASQI, dan PD Muhammadiyah, santri, pelajar juga ASN. (ril/red)