21/04/2024 5:33
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Tetap Stylish, Ini Tips Aman Berkendara untuk Perempuan

Fokusmedan.com : Sebagai kendaraan yang digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari memang menjadikan sepeda motor solusi efektif untuk menghindari kemacetan di ibukota. Dengan motor, maka perjalanan menjadi lebih mudah dan cepat sehingga armada satu ini selalu dijadikan sebagai andalan bagi pria maupun wanita.

Kepedulian Honda khususnya kepada pengendara perempuan selalu ditujukkan melalui berbagai aktivitas kampanye keselamatan berkendara #cari_aman . Dimana bersama para instruktur safety riding terlatihnya, Honda kerap berbagi tips mengenai cara berkendara yang aman bagi perempuan.

Eka Yolahati, Instruktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa berkendara dengan sepeda motor kini juga banyak dilakukan oleh kaum perempuan untuk menunjang aktivitas mobilisasi dan gaya hidupnya. Untuk dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan beberapa faktor saat akan mulai berkendara.

Untuk #cari_aman di jalan, selain cara berkendara yang baik dan benar, Honda juga berbagi informasi dan tips terkait pemilihan pakaian dan perlengkapan berkendara yang aman dan tetap stylish, kondisi apa saja yang memiliki pengaruh terhadap performa berkendara baik secara fisik maupun emosional, postur berkendara yang baik dan benar, tips untuk tetap berpenampilan menarik ketika berkendara, termasuk penggunaan helm yang benar.

Pertama, perempuan harus mengetahui terlebih dahulu operasional dan karakter motor yang dikendarainya, terutama sepeda motor keluaran baru yang sudah dilengkapi teknologi-teknologi modern. Kedua, Sebagai sesama pengguna jalan raya, pengendara perempuan harus sadar juga akan kewajiban untuk taat pada peraturan berkendara tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selanjutnya keempat, pengendara perempuan sudah seharusnya memiliki kesadaran untuk menggunakan perlengkapan dasar berkendara motor seperti helm, jaket, sepatu, dan atau sarung tangan. Sedangkan yang kelima, pengendara perempuan baiknya mengenakan pakaian yang nyaman untuk berkendara, hindari penggunaan rok yang panjang dan rok pendek, akan lebih baik mengenakan celana jeans untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Eka Yolahati menambahkan, jumlah pengendara perempuan mengalami peningkatan cukup siginifkan setiap tahunnya. Untuk itu, diperlukan sharing pengetahuan tentang keselamatan berkendara yang tepat sehingga bersama-sama dapat berkontribusi mewujudkan budaya berkendara yang mengutamakan #cari_aman untuk melindungi hal berharga dalam hidup, yaitu keselamatan.(ril)