22/06/2024 6:20
EKONOMI & BISNIS

Bulog Sumut Pastikan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan Aman

Bulog Sumut pastikan stok kebutuhan pangan jelang Ramadhan masih aman. Antara

Fokusmedan.com : Perum Bulog Kanwil Sumut sudah mengambil langkah antisipasi inflasi harga bahan kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H. Perusahaan milik negara ini sudah memesan 10.000 ton beras dari Thailand. Selain itu menambah pasokan minyak goreng sebanyak 1 juta liter dan juga gula 1000 ton.

“Untuk persiapan Ramadhan, Bulog akan menyiapkan stok kurang lebih 10 ribu ton beras, minyak goreng dalam proses permintaan sebanyak 1 juta liter. Demikian dengan gula kami minta 1.000 ton yang sedang dalam proses,” ucap Pimpinan Wilayah Perum Bulog kepada wartawan di Medan, Kamis (2/3/2023) sore.

Arif mengungkapkan, stok beras yang ada saat ini pun masih cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan beras bagi seluruh masyarakat di wilayah Sumut.

Akan tetapi, dengan adanya tambahan pasokan beras serta gula dan minyak ini, pihaknya memastikan stok tersebut di gudang Bulog Sumut aman selama bulan Ramadan hingga akhir Lebaran nanti.

“Untuk tetap menstabilkan harga beras yang sempat melonjak beberapa waktu lalu, kami terus melakukan operasi pasar yang mana hingga saat ini telah menggelontorkan sebanyak 27 ribu ton beras,” jelasnya.

Arif menyebutkan, untuk harga beras kedepannya dipastikan akan terus stabil. Melihat masa panen di Sumut dan Aceh yang sudah mulai berjalan baik, pihaknya memastikan harga saat ini akan terus stabil.

“Terkait harga beras sudah mulai menurun karena panen sudah mulai jalan dengan baik di Sumut dan Aceh begitupun diluar seperti Jawa dan Sumsel yang sudah mulai panen,” sebutnya.

Arif menambahkan, pihaknya turut memperkirakan hingga akhir Maret nanti seluruh padi di wilayah Sumut dan Aceh akan siap dipanen dan semakin menstabilkan harga beras. (ng)