20/06/2024 2:43
NASIONAL

KA Sibinuang Relasi Pauh Lima-Padang Naras Resmi Beroperasi

Ilustrasi penumpang kereta api sedang membeli tiket.

Fokusmedan.com : PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat bersama Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan secara resmi mengoperasikan KA Sibinuang Relasi Pauh Lima-Padang-Naras. Pengoperasian ini diberlakukan mulai, Rabu 1 Maret 2023.

Selain itu, dilakukan juga penambahan satu stasiun yaitu Stasiun Pasar Usang, yang mana stasiun tersebut sebelumnya adalah stasiun non aktif.

Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumbar, Sofan Hidayah mengatakan, KA Sibinuang melayani perjalanan KA dengan relasi Stasiun Pauh Lima-Stasiun Padang’Stasiun Naras (PP) atau total jarak tempuh perjalanan sekitar 75 km untuk satu kali perjalanan.

Perlu diketahui bahwa untuk saat ini tidak semua perjalanan KA Sibinuang melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang dari Stasiun Pauh lima. Dengan demikian, diharapkan kepada masyarkat pengguna KA untuk memperhatikan jadwal keberangkatan KA Sibinuang yang terbaru, atau bisa langsung mengecek melalui aplikasi KAI Access.

Dengan terjadinya perubahan tersebut, jadwal perjalanan KA Sibinuang juga mengalami perubahan dikarenakan waktu tempuh perjalanan KA yang berubah. Sedangkan untuk harga tiket Kereta masih memberlakukan harga tiket biasanya.

“Kereta api yang menggunakan rangkaian Sibinuang ini menyediakan tempat duduk sebanyaksebanyak 424 untuk KA B2A, B3A, B6A, B7A, B34A, dan 340 tempat duduk untuk KA B1A, B4A, B5A, dan B8A. Untuk harga tiket sebesar Rp 5.000,” kata Sofan, Rabu (1/3/2023).

Guna mengakomodasikan kebutuhan masyarakat yang ingin berpergian di wilayah Pauh Lima sampai dengan Naras, PT KAI bersama Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang resmi mengoperasikan KA Sibinuang.`

Stasiun Pauh Lima merupakan stasiun yang berlokasi dekat dengan Kampus Universitas Andalas (UNAND). Selain masyarakat umum, diharapkan nantinya dengan dilakukannya perpanjangan relasi dan penambahan stasiun ini dapat membantu mobilitas mahasiswa yang ingin bepergian baik ke kampus maupun ke pusat kota.

Bagi pelanggan kereta api yang ingin menggunakan KA Sibinuang dapat memesan tiket sekitar 24 jam sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun. (ng)