18/04/2024 0:58
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Warga Medan Diimbau Waspadai Penyakit DBD

Fokusmedan.com : Warga Kota Medan diimbau untuk mewaspadai potensi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) seiring dengan musim pancaroba yang sedang terjadi.

Imbauan ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan dr Pocut Fatimah Fitri, Senin (27/2/2023).

“Kondisi cuaca panas dan hujan yang terus berganti membuat warga harus mewaspadai penyakit DBD,” sebutnya.

Ia menjelaskan, hujan menyebabkan genangan air di lingkungan rumah dan saat panas terjadi perindukan nyamuk yang membuatnya berkembang biak.

“Sejauh ini, lanjutnya, penyakit DBD di Kota Medan belum ditemukan,” jelasnya.

Kendati begitu, pihaknya mengimbau apabila ada warga yang merasakan gejala demam untuk segera dibawa ke fasilitas kesehatan (faskes) guna dipastikan apakah mengalami DBD atau tidak.

“Ini juga agar jangan sampai terlambat penanganannya,” katanya.

Berdasarkan data kasus DBD pada tahun 2022 lalu, Kecamatan Medan Johor, Medan Tuntungan dan Medan Sunggal adalah kecamatan yang paling tertinggi ditemukan kasus DBD. Kemudian menyusul Kecamatan Medan Tembung, Medan Amplas, Medan Selayang, Medan Helvetia dan Medan Deli.

“Untuk mengantisipasinya, kita melakukan penyuluhan, pemberantasan sarang nyamuk, dan melakukan fooging di kawasan yang terdapat kasus DBD,” pungkasnya.(riz)