20/06/2024 22:59
SUMUT

F1H20 Danau Toba Jadi Sorotan Dunia, Tuai Banyak Tanggapan Positif

Para pebalap sedang bersiap paddock F1 Powerboat, Balige, Kabupaten Toba, Jumat (24/2).

Fokusmedan.com : Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan perhelatan balap F1 Powerboat di Danau Toba akan ditonton 180 juta orang. Balapan yang digelar 26 Februari 2023 itu ditayangkan secara live di seluruh dunia.

“Danau Toba ini akan bisa menjadi perbincangan dunia karena kita akan ditonton lebih dari 180 juta orang, saya kira tidak pernah terbayangkan Danau Toba akan ditonton langsung oleh 180 juta penonton,” kata Luhut, saat konferensi pers di media center F1 Powerboat, Balige, Toba, Jumat (24/2).

Danau Toba diharapkan menjadi tuan rumah F1H20 selama lima tahun. “Saya berharap kita bisa berturut-turut lima tahun menyelenggarakan event di sini,” kata Luhut.

Luhut juga menyebut Founder F1H20 Nicolo San Germano puas atas kerja sama tim yang diberikan selama persiapan balap. Luhut pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam persiapan balapan.

“Saya titip jaga kebersihan, pelayanan, sopan santun bagi tamu-tamu kita, sehingga mereka mau datang kembali. Yang utama, kita mendapatkan multiplier effect dari acara ini, dapat menggerakkan perekonomian di Toba, Sumatera Utara dan Indonesia,” kata Luhut.

Founder F1H20 Nicolo Di San Germano mengatakan Danau Toba terpilih menjadi tuan rumah lantaran megah, cantik dan sangat layak diketahui masyarakat dunia. Oleh sebab itu, Warner Bros pun menjadi saluran siaran resmi F1 Powerboat di dunia.

“Bisa kita pastikan event ini menjadi perbincangan internasional, dikarenakan jaringan Warner Bros ini akan kita lihat sampai berakhirnya event,” ujar Nicolo.

Marit Stromoy, pebalap perempuan F1 Powerboat takjub dengan Danau Toba. Ia tidak pernah datang ke lokasi balap seperti Danau Toba. “Danau Toba ini sesuatu yang belum saya rasakan, itulah hal unik dari Danau Toba,” katanya.

Pebalap lainnya Shaun Torrente juga antusias balapan di Danau Toba. “Keindahan danau ini adalah salah satu yang paling menakjubkan yang pernah saya lihat,” kata Torrente.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berterima kasih lantaran Danau Toba dijadikan tuan rumah F1 Powerboat. Ia mengungkapkan Danau Toba memiliki sejarah luar biasa dan pada masanya pernah mempengaruhi dunia.

“Terima kasih, dan ini (Danau Toba) akan kita promosikan, dan Danau Toba adalah milik dunia,” kata Edy.(ng)