14/07/2024 8:48
SUMUT

Edy Rahmayadi Ajak Masyarakat Belanja di Stan UMKM dan Pedagang Kecil saat F1H2O

Edy Rahmayadi mendampingi Menko Marves Luhut Binsar meninjau lokasi F1 Powerboat atau F1H2O.

Fokusmedan.com : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh masyarakat berbelanja di stan-stan UMKM dan pedagang kecil, saat pagelaran event F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba di Balige. Edy Rahmayadi berharap besar event international ini memberikan dampak besar pada perekonomian masyarakat.

F1H20 Danau Toba saat ini memasuki tahap free practice, beberapa tim sudah mulai mencoba perahu dan lintasan balap. Sedangkan di luar venue sudah dipadati pengunjung, stan UMKM dan pedagang-pedagang kecil.

“Saya lebih fokus ke dampak ekonominya, minimal rakyat kita harus mendapat dorongan ekonomi, makannya itu masyarakat, pengunjung belanja di UMKM kita, pedagang kecil seperti sate telur puyuh, makanan ringan dan lainnya,” kata Edy Rahmayadi usai koferensi pers di media center F1H20 Danau Toba, Jumat (24/2)

Selain itu, Edy Rahmayadi juga memastikan venue F1H2O Danau Toba akan terus dipelihara dengan mengatakan berbagai event. Menurutnya, venue F1H2O harus terus diisi event-event menarik.

“Event berikutnya PON 2024, ski air, ke depannya terus kita lihat apa lagi yang cocok dan tidak mengganggu F1H2O yang kemungkinan digelar setiap tahun,” kata Edy Rahmayadi, didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus.

Sementara itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berharap F1H2O Danau Toba bisa terus diselenggarakan empat tahun ke depan. Sehingga, segala persiapan, penyelenggaraan serta infrastruktur lebih baik lagi.

“Saya harap lima tahun, jadi setiap tahunnya kita semakin baik persiapan, penyelenggaraan dan juga infrastruktur,” kata Luhut Binsar Panjaitan.

Founder F1 Powerboat, Nicolo Di San Germano mengakui kehebatan Indonesia mempersiapkan F1H2O Danau Toba. Dia terkesan Panitia Pusat dan Daerah mampu mempersiapkan event ini dalam waktu 6 bulan.

“Apa yang kalian lakukan enam bulan terakhir sangat luar biasa, sebelumnya saya melihat kondisi di sini mungkin butuh waktu 2 atau 3 tahun, tetapi lihat sekarang dalam waktu 6 bulan pemerintah Indonesia menyulap lokasi di sini,” kata Nicolo Di San Germano.

Berdasarkan jadwal F1H2O Danau Toba, besok Sabtu (25/2) akan dilangsungkan babak kualifikasi pada pukul 15:00-16:00 WIB. Keesokan harinya (26/2) akan ada balapan kategori 2 seater, Parade Lap F1H2O dan kemudian yang paling ditunggu Grand Prix pukul 15:00 WIB. (ng)