14/07/2024 9:26
SUMUT

Pawai Naga Liong di Maha Vihara Maitreya Deli Serdang Peroleh Rekor MURI

Pawai Naga Liong peroleh rekor MURI dan dunia. Ist

Fokusmedan.com : Pawai Naga Liong yang panjangnya 208 meter (M) memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan juga dunia, di Maha Vihara Maitreya Komplek Perumahan Cemara Asri Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang, Sabtu (4/2/23).

“Hari ini sudah terpecahkan MURI tahun 2023 pada katagori Naga Liong yang terpanjang di Indonesia dan dunia yang mencapai 208 M. Ini melewati capaian dari Naga Liong di Singkawang Kalimantan Barat pada tahun 2017,” ungkap Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo.

Ia mengucapkan selamat pada warga Sumut yang bisa membuat Naga Lion terpanjang di Indonesia bahkan di dunia. Osmar katakan semoga pawai Naga Liong ini dapat menambah keberagaman dan memperkaya budaya yang ada di Sumut.

“Kami juga berharap budaya Tionghoa ini terus dilakukan pada tahun berikutnya dan lebih meriah lagi,”tambahnya.

Dalam acara tersebut, puluhan remaja yang melakukan pawai Naga Liong ini berasal dari Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa Yayasan Istana Harta Lima Penjuru Deli Serdang.

Ratusan para pengung melihat pawai Naga Liong tersebut yang diarak-arak dimulai dari Maha Vihara Maitreya menuju pintu masuk Komplek Cemara lalu kemudian kembali lagi lagi ke vihara. Tak hanya itu, berbagai Barongsai yang berasal dari Perguruan Yos Sudarso juga ikuti menggiringpawai tersebut.

Salah satu pengunjung, Elvy mengaku senang adanya pawai Naga Liong ini. Karena menurutnya acara ini dilakukan setahun sekali dan bisa membanggkan warga Sumut karena mendapatkan MURI.

“Semoga acara kedepannya bisa lebih baik dan meriah dari pada tahun ini. Serta kami berharap kedepan Indonesia tidak ada lagi covid,” tambahnya.

Selain acara pawai Naga Liong di Maha Vihara Maitreya ini, pihak panitia juga menyiapkan puluhan bazar kuliner nusantara baik makanan maupun minuman. (Rio)