17/06/2024 18:16
NASIONAL

Kemenag dan MWL Sepakati Sinergi Program Keagamaan dan Kemanusiaan, Total Rp12 Miliar

Penandatanganan RKT antara Kemenag dan Moslem World League.

Fokusmedan.com : Kementerian Agama RI kembali menjalin sinergi dengan Moslem World League (MWL) atau yang dikenal juga dengan Rabithah Alam Al Islami. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Rencana Kerja Tahunan (RKT) antara dua pihak untuk tahun 2023–2024.

Penandatanganan RKT ini merupakan tindaklanjut dari kesepakatan MoU pada 7 Oktober 2022. Dokumen ini ditandatangani oleh Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri, Ahmad Bahiej dan Direktur MWL-Indonesia Abdul Rahman Al Khayyat di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri, Ahmad Bahiej menerangkan, ada empat program akan dilaksanakan MWL untuk setahun ke depan, yaitu : dukungan kegiatan keagamaan dan kemanuasiaan,pembangunana sarana dan prasarana ibadah, penyediaan air bersih dan sanitasi serta tanggap bencana.

“Perkiraan total pembiayaan yang disiapkan mencapai Rp12,710 miliar. Anggaran tersebut akan disalurkan di 16 kabupaten/kota di Indonesia,” ujarnya.

“Dengan ditandatanganinya RKT ini, MWL dapat segera melaksanakan program-programnya dengan amanah dan aman juga dapat sinergi dengan program-program Kementerian Agama,” terang Ahmad Bahiej.

Sempat vakum selama empat tahun, MWL atau Rabithah Alam Al Islami mempunyai catatan kerja sama yang panjang dengan Indonesia, khususnya Kementerian Agama. Kiprah MWL di Indonesia sudah berjalan sejak tahun 70 an.

Khusus sinergi dengan Kemenag, berjalan sejak 1995. Banyak sumbangsih yang diberikan MWL kepada masyarakat Indonesia, baik di bidang pembangunan sosial, ekonomi, maupun keagamaan. (ram)