18/07/2024 8:47
SUMUT

Edy Rahmayadi Dukung Penyelenggaraan Kejuaraan Barongsai Internasional di Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerima audiensi FOBI Sumut.

Fokusmedan.com : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendukung penuh penyelenggaraan Kejuaraan Barongsai Internasional di Sumut. Ini salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan atlet-atlet barongsai Sumut dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024.

Rencananya, kejuaraan barongsai ini akan diselenggarakan pada Maret 2023. Kegiatan ini akan melibatkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura dan lainnya.

“Pemprov sudah tentu mendukung, tetapi sebagai tuan rumah kita harus siap, harus berprestasi pada ajang yang kita buat sendiri,” kata Gubernur Edy Rahmayadi usai audiensi dengan pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Kamis (2/2).

Melalui kejuaraan ini, Edy Rahmayadi berharap kemampuan atlet barongsai Sumut meningkat signifikan dan bisa memberikan yang terbaik untuk PON 2024.

Ketua FOBI Sumut Peter Suhendra mengatakan, ada lima negara yang akan berpartisipasi pada kejuaraan barongsai ini, antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina. Menurutnya, atlet-atlet barongsai Sumut perlu banyak berlatih dan berkompetisi untuk meningkatkan kemampuan jelang PON 2024.

“Tiga negara yang sudah confirm, dua belum, Vietnam dan Filipina dan dijadwalkan akan dilaksanakan 3 Maret di GOR Mini Jalan Pancing. Atlet kita butuh latihan terutama kompetisi agar mencapai target emas di PON nanti,” kata Efendi Hansen.

Menurut Efendi, atlet-atlet barongsai selain membutuhkan latihan dan kompetisi, juga butuh penguatan fisik dan stamina. Karena itu, FOBI mendatangkan pelatih dari Malaysia dan Tiongkok agar hasil yang diinginkan tercapai.

“Kita datangkan pelatih dari Malaysia dan Cina, karena atlet kita yang saat ini berjumlah sekitar 25 orang butuh penguatan fisik dan stamina, targetnya sesuai dengan permintaan Pak Gubernur kita dapat tujuh medali emas, kita yakin itu,” kata Efendi. (ram)