14/06/2024 7:15
FOKUS MEDAN

Polrestabes Medan Kawal Unjukrasa Pengungsi Asal Somalia

Pengsungsi asal Somalia berunjukrasa di Kanwil Kemenkum HAM Sumut Jalan Putri Hijau. Ist

Fokusmedan.com : Personel Polrestabes Medan kawal unjukrasa oleh massa pengungsi asal Somalia di Kanwil Kemenkum HAM Sumut Jalan Putri Hijau, Kamis (2/2/2023).

Dalam aksi unjukrasa itu, massa pengungsi Somalia menyampaikan bahwa mereka sudah 10 tahun berada ditempat penampungan tanpa ada perhatian.

“Di dalam komunitas kami terdapat beberapa orang yang rentan namun tidak mendapat perhatian dari UNHCR. Kami meminta keadilan untuk proses pemindahan ke negara ketiga, agar UNHCR melakukan proses yang adil sama dengan pengungsi WNA yang lain. Kami juga meminta pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendengar keluhan pengungsi Somalia dan membantu mencari solusinya,” ujar massa.

Usai menyampaikan aspirasinya, enam orang pengungsi masuk ke Kanwil Kemenkum HAM Sumut. Disana mereka diterima oleh Gelora Adil Ginting (Kabid Intel Dakim) dan Sarsaralos Sivakkar (Kepala Rudenim Medan).

Setelah berbincang, enam perwakilan pengungsi asal Somalia itu pun keluar dari gedung Kanwil Kemenkum HAM Sumut dan membubarkan diri dengan tertib dengan pengawal Kanit Sabhara Polsek Medan Barat AKP Johny Ro. (Rio)