23/06/2024 17:33
NASIONAL

PBNU Kecewa PKB Gunakan Mars 1 Abad

Fokusmedan.com : Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ishfah Abidal Aziz (Gus Alex) menyesalkan penggunaan mars 1 Abad NU untuk kepentingan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Mars 1 Abad NU merupakan buah karya dan hasil perenungan KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dengan aransemen musik Tohpati. Sehingga harus dijaga kesakralannya dan hanya bisa digunakan untuk kepentingan NU.

“Bagi kami, mars ini sangat sakral jadi jangan digunakan untuk kepentingan politik PKB,” kata Gus Alex dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/1).

Sekadar diketahui, sebelumnya beredar video “Sarasehan Satu Abad NU” yang digelar PKB dengan menggunakan latar Backsound Mars 1 Abad NU karya KH Mustofa Bisri. Video ini lantas diunggah di akun resmi PKB dan menuai banyak sorotan

Siapapun boleh memperingati 1 Abad NU, tapi jangan sampai menggunakan atribut milik NU tanpa seizin dan sepengetahuan PBNU. Apalagi jika penggunaan atribut 1 Abad NU digunakan untuk kepentingan politik praktis.

Alex juga mengatan, pesan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf sangat jelas bahwa PBNU menjaga jarak dengan seluruh kekuatan partai politik. Tidak boleh ada satu partai-pun yang menggunakan NU untuk kepentingan politik praktis.(yaya)