21/06/2024 20:18
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Klar Aligner Solusi Rapikan Gigi Berantakan

The Clinic Beautylosophy segera launching perawatan gigi Klar Aligner. Ist

Fokusmedan.com : Gigi berantakan kerap membuat seseorang tidak percaya diri dan solusi yang dipilih untuk merapikan gigi adalah menggunakan kawat gigi atau behel. Namun bagi sebagian orang, behel menjadi “momok” karena mengganggu kenyamanan, penampilan, atau bahkan terasa sakit.

Tetapi berkat kemajuan teknologi, sekarang pasien bisa merapikan gigi tanpa harus mengenakan behel. Klar telah menggabungkan software dan aplikasi dengan keahlian kedokteran gigi spesialis dalam bentuk aligner berteknologi modern yang nyaman dipakai serta bisa merapikan gigi.

Di Medan, salah satu klinik kecantikan yang bakal mengadopsi layanan Klar seperti ini adalah The Clinic Beautylosophy Jalan Sekip Medan. Klinik kecantikan ini, merupakan klinik pertama yang menjadi Partner Klar di Medan dan segera dilaunching Februari mendatang.

Dokter Gigi The Clinic Beautylosophy Medan, drg. Suwita mengatakan, Klar Aligner sudah ada beberapa tahun yang lalu. Namun, satu tahun belakangan, perawatan gigi ini mulai “booming” di Medan.

“Banyak pasien yang datang merapikan gigi
berantakan dengan menggunakan behel, namun mereka ingin yang transparan. Klar bisa menjadi pilihan perawatan yang benar-benar aman dengan bahan yang bening,” katanya, Senin (30/1/2023).

Dijelaskan drg. Suwita, permasalahan gigi yang bisa diatasi dengan menggunakan Klar Aligner diantaranya seperti masalah pada posisi rahang atas atau bawah yang tidak sejajar dengan gigi atas atau bawah. Kemudian, letak gigi yang bermasalah, memiliki jajaran gigi yang tidak rata atau terlalu berdesakan dan adanya celah antara gigi.

“Yang normalnya itu, biasa gigi bawah lebih mundur sedikit dibanding gigi atas. Jadi dengan Klar Aligner, kasus ringan ataupun berat bisa di atasi,” terangnya.

Untuk lama perawatan, lanjutnya, akan tergantung pada setiap kasus dan sesuai konsultasi dengan dokter gigi. Namun, biasanya hasil bisa terlihat mulai dari 7 hari setelah waktu treatment ataupun 6 bulan bahkan hingga 1 tahun.

“Ini lebih minimalis dan rasa pergeseran terjadi malam hari. Tidak sakit dipakai, dapat dilepas dan memiliki lekuk sesuai gusi sehingga nyaman dipakai, asal konsisten menggunakannya maka hasil akan cepat terlihat,” jelasnya.

Silvia Andira dari Klar Aligner menambahkan, Klar Aligner dapat dilepas sehingga pasien tidak akan mengalami kesulitan saat menyikat atau membersihkan gigi selama masa perawatan. Warnanya yang transparan atau bening tidak mengganggu penampilan.

“Produk ini dapat dilepas dengan mudah sehingga pasien bisa bebas makan dan bebas membersihkan. Tetapi disarankan, untuk mendapatkan hasil maksimal, Klar harus dipakai 22 jam dalam sehari,” terangnya.

Sedangkan efek samping, tambahnya,
sampai saat ini tidak ada pasien yang mengeluhkan perawatan dengan Klar. Justru, untuk kesehatan gigi jauh lebih terjaga dan lebih steril dibanding memakai behel karena bahannya bisa dibersihkan.

“Klar merupakan produk buatan lokal di Yogyakarta dan kantor di Jakarta. Sampai saat ini sudah ada 80 klinik di Indonesia dan mulai Februari mendatang masyarakat Medan sudah bisa melakukan perwatan Klar Aligner,” pungkasnya. (ng)