21/06/2024 19:59
INTERNASIONAL

Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Xinjiang

Ilustrasi gempa. 

Fokusmedan.com : Gempa berkekuatan 6,1 mengguncang Kabupaten Shaya di Prefektur Aksu, Daerah Otonom Xinjiang Uygur, China barat laut, pada Senin pagi pukul 7:49 waktu setempat, demikian menurut Pusat Jaringan Gempa Bumi China (CENC).

Dilansir Xinhua di laman Antara, Pusat gempa itu terpantau berada di koordinat 40,01 derajat lintang utara dan 82,29 derajat bujur timur, dengan kedalaman 50 km. Pusat gempa tersebut terletak di daerah yang tidak berpenghuni atau sekitar 105 km dari Kota Alaer dan 141 km dari pusat wilayah Shaya.

Menurut otoritas setempat, gempa tersebut dirasakan di sekitar area itu dan sejauh ini tidak ada korban jiwa atau kerugian properti yang dilaporkan.

Sejauh ini, 15 kendaraan dan 70 petugas penyelamat dari departemen pemadam kebakaran dan penyelamatan di prefektur tersebut telah bergegas menuju area bencana.

Sebuah tim beranggotakan 10 orang dari departemen pemadam kebakaran dan penyelamatan di wilayah itu sedang memeriksa area pusat gempa dengan dua kendaraan.

Operasi jaringan listrik, produksi minyak dan gas, dan perusahaan petrokimia utama setempat tidak terdampak oleh gempa tersebut. (ram)