14/06/2024 5:35
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Crosser Astra Honda Dominasi Gelar Juara di Kejurnas Motocross 2022

Fokusmedan.com : Crosser Astra Honda Racing Team (AHRT) M. Delvintor Alvarizi berhasil menjadi jawara pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross 2022 kelas MX2 dengan menyapu bersih podium teratas di setiap seri. Sementara rekan satu tim Delvintor, Nuzul Ramzidan mampu menempati posisi ketiga dalam ajang ini. Pencapaian yang diraih kedua crosser tersebut dikukuhkah pada seri grand final yang diselenggarakan di sirkuit Grand Wisata Bekasi, Jawa Barat pada 28-29 Januari 2023.

Cuaca yang tak menentu serta hujan yang cukup deras di Sabtu (28/1) sore membuat sesi qualifying race ditiadakan. Sehingga hasil latihan bebas dan qualifying time trial menjadi rujukan saat balap. Delvintor yang kerap disapa Adel berhasil mencatatkan waktu terbaiknya dan menempati posisi pertama. Sedangkan Zidan berada di posisi ketiga, dengan selisih waktu 3, 08 detik. Hasil ini tentu menguntungkan keduanya untuk menaklukkan lintasan saat race.

Di Moto1, tantangan kondisi track akibat cuaca yang kerap berubah membuat tim harus beradaptasi dengan cepat. Adel yang memulai start dengan sangat baik, terus menunjukkan dominasinya bersama CRF250R di posisi terdepan hingga finish. Zidan yang berada di posisi kedua selepas start, sempat melakukan kesalahan di akhir lap pertama. Kegigihannya pun ditunjukkan secara konsisten hingga Zidan meraih podium ketiga di akhir race.

Motivasi tinggi untuk dapat menyapu bersih podium satu di setiap seri menjadi bekal Adel menaklukkan tantangan di race kedua kelas MX2. Namun sayang, di awal jalannya balapan ia memulai dengan start yang kurang mulus. Kondisi ini pun diambil alih oleh Zidan yang memimpin jalannya balapan. Hingga lap ketiga, Zidan sempat melebar. Adel pun yang terus membuntuti Zidan sejak start dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik sehingga memimpin jalannya balapan. Di lap keempat, Zidan terjatuh dan membuatnya berada di posisi kelima.

Pemuda asal Riau ini pun berusaha untuk menempati posisi podium. Di akhir balapan, Zidan harus puas berada di posisi keempat dan Adel berhasil kembali menapaki podium tertinggi. Hasil ini pun membuat Adel keluar sebagai juara Kejurnas Motocross 2022 dengan raihan 150 poin, sementara Zidan di posisi ketiga dengan 116 poin.        

“Alhamdullillah, saya bisa menpertahankan juara nasional MX2 untuk Astra Honda Racing Team. Dengan tekad untuk memberikan kemenangan pada setiap putaran, saya memaksimalkan CRF250R dengan set-up yang sudah diuji pada beberapa latihan. Kemenangan ini saya persembahkan kepada Astra Honda dan semua pihak yang sudah memberi dukungan luar biasa,” ujar Delvintor.  

“Balapan pamungkas ini berjalan luar biasa. Tekanan dan persaingan ketat dalam perebutan runner-up sangat terasa. Hasil posisi ketiga menjadi bekal positif untuk mewujudkan impian saya menjadi juara nasional bersama Astra Honda ke depannya,” ujar Zidan.

General Manager Marketing and Planning Analysis AHM Andy Wijaya mengucapkan selamat atas pencapaian Delvintor dan Zidan di ajang Kejurnas Motocross. Hasil ini  akan semakin memperkuat upaya AHM dalam melakukan pembinaan di dunia motocross.Pihaknya akan terus melakukan pembinaan di dunia balap motocross, sehingga dapat mengantarkan pemuda Indonesia bersaing di ajang balap motocross dunia.

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, dengan semangat Satu Hati sangat mengapresiasi Delvintor dan Zidan yang telah berjuang dengan sangat baik untuk meraih gelar juara pada Kejurnas Motocross. Pihak Honda juga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada dua crosser binaannya atas capaian ini.

Kejurnas Motocross 2022 diselengarakan sebanyak 3 putaran dimana putaran pertama digelar di Sirkuit Jotosanur Kodim 0812 Lamongan, Jawa Timur pada 6-7 Agustus 2022, disusul putaran kedua yang berlangsung di sirkuit MX Malimpung, Pinrang, Sulawesi Selatan pada 10-11 September 2022, hingga putaran final berlangsung di sirkuit Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat pada 28-29 Januari 2023.(ril)