NASA akan Pasang Pipa Oksigen di Bulan, Ini Tujuannya

Fokusmedan.com : Oksigen adalah faktor penting berhasilnya misi luar angkasa. Oksigen tidak hanya untuk memberikan kemudahan astronot bernapas, tapi juga menjadi komponen penting dari sel bahan bakar pesawat luar angkasa.

Ketika program Artemis NASA yang akan mendaratkan kembali manusia di Bulan, dengan tujuan untuk menempatkan manusia secara permanen di sana, sumber oksigen ini akan menjadi faktor penting keberhasilan misi ini.

Kepala Ilmuwan Lunar Resources Inc, Peter Curreri baru-baru ini mengusulkan solusi inovatif untuk masalah oksigen di Bulan. Dia ingin membangun saluran pipa oksigen di sana, seperti dikutip dari laman Syfy, Senin (23/1).

Menurut Curreri, keberhasilan jangka panjang program Artemis ini bergantung pada kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya dari Bulan. Ini juga bisa memangkas biaya untuk misi ini. Saat ini, setiap kilogram material yang diluncurkan dari Bumi menghabiskan biaya puluhan ribu dolar.

Rencana terbaru lainnya termasuk memanen es oksigen di kutub selatan Bulan untuk mempermudah para astronot ketika menginjakkan kaki di Bulan pada 2026.

Ketika oksigen ini dipanen, lalu akan disimpan dalam sebuah tempat dan dibawa melalui penjelajah (rover) bilan ke fasilitas di mana para astronot tinggal dan bekerja. Namun sayangnya, transportasi untuk membawa oksigen ini memakan biaya paling besar dari seluruh proses ini, lebih besar dari memanen dan menyimpan oksigen.

Karena itulah Curreri mengusulkan membangun saluran pipa secara langsung dari lokasi pengumpulan oksigen ke fasilitas di mana para astronot bekerja dan tinggal.

Usulan ini diajukan ke program Innovative Advanced Concepts (NIAC) NASA dan mendapatkan dana sebesar USD175.000 untuk mengembangkan gagasan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah studi desain komprehensif untuk memverifikasi efektivitas saluran pipa ini. Jika disetujui, saluran pipa ini tidak hanya menyalurkan sumber oksigen tanpa harus meluncurkannya dari Bumi atau membawanya secara manual melintasi permukaan Bulan, tapi akan dibangun menggunakan material yang tersedia di Bulan.(yaya)