Ini Tips Gunakan Power Charger pada Motor

Fokusmedan.com : Sebagai upaya memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan bagi seluruh pengguna kendaraan roda dua, maka inovasi dan teknologi yang diaplikasikan pada sepeda motor Honda terus berkembang. Seperti halnya teknologi canggih power charger yang ada pada beberapa tipe sepeda motor Honda, dimana fitur ini merupakan sumber tenaga listrik untuk mendukung kebutuhan pengendara dalam mengisi daya baterai smartphonenya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, saat ini banyak tipe motor regular dan premium Honda yang sudah dilengkapi dengan fitur power charger diantaranya; Honda BeAT, Genio, Scoopy, Vario160, ADV160, PCX dan sejumlah tipe lainnya yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengendara. Namun meski begitu, pengendara baiknya memahami beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan power charger di motor agar lebih nyaman dan aman.

Pertama, perangkat charger seperti kepala charger dan kabel baiknya memiliki kualitas material yang telah lulus uji standar keamanan. Karena hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah seperti seperti meleleh dan terjadi korsleting.

Kedua, pengisian baterai dalam kondisi smartphone menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada smartphone, sehingga penting untuk memastikan smartphone dalam keadaan mati. Sementara itu yang ketiga, ketika menggunakan power charger, mesin sepeda motor harus dalam keadaan menyala agar daya baterai atau aki motor tidak melemah. Dengan kondisi mesin menyala, daya aki sepeda motor akan tetap terjaga sehingga kinerjanya tetap optimal.

Keempat, baiknya menghindari menggunakan port charger pararel, karena dapat menimbulkan masalah karena membuat aki sepeda motor bekerja lebih keras saat kedua port nya digunakan. Jika hal tersebut terjadi, maka suhu di dalam bagasi akan lebih panas dan berpotensi menimbulkan masalah pada sisi safety. Sedangkan kelima, pemeriksaan bagasi sebelum meninggalkan sepeda motor bertujuan agar tak ada perangkat elektronik yang tertinggal. Suhu bagasi yang panas berpotensi menimbulkan masalah kerusakan smartphone, apalagi sepeda motor terparkir di tempat terbuka di siang hari.

Erwin Chandra mengungkapkan, selesai menggunakan power charger pada motor kesayangan, maka jangan lupa untuk mencabut perangkat charger dari power socket sebelum meninggalkan sepeda motor. Karena manfaat teknologi yang dihadirkan Honda tentunya harus diiringi dengan pemahaman untuk menggunakannya dengan baik dan hingga cara perawarannya.(ril)