21/06/2024 22:02
SUMUT

Wujudkan Kemitraan AntarProdi LewatASPIKOM

Fokusmedan.com : Dra. Mazdalifah, M.Si, Ph.D, Ketua Umum Asosiasi PendidikanTinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Sumut 2022-2025 mengatakan salah satu visi dari organisasi ini adalahterwujudnya kemitraan antarpengelola program studi yang profesional dan bertanggung jawab dalam mencapai pendidikanIlmu Komunikasi di Indonesia yang berkualitas. Oleh karena itu, tambahnya, perlu diwujudkan dengan salah satu misi, yaitudengan membangun jaringan yang dinamis antar anggota untukmendorong anggota memberikan kontribusinya.

“Hal ini sangat penting, karena kita sama-sama memahamibahwa Program Studi Ilmu Komunikasi sangat dinamis. Apalagididukung dengan teknologi dan kemitraan. Untuk itu, pada masa pengurusan ini, kita akan mengaktifkan pertemuan antarprodiminimal 4 bulan sekali. Pada tahun ini, tepatnya akandilaksanakan pasca Lebaran Idul Fitri pas dengan momen Halal Bi Halal,” jelasnya, ketika memberikan kata sambutan di Aula Serba Guna FISIP USU, Jl. Dr. A. Sofian No. 1A Kampus USU, Medan, Kamis (12/1).

Mazdalifah mengingatkan, bahwa ASPIKOM adalah rumah bagiseluruh insan komunikasi untuk saling bertukar informasi terkaitproses pembelajaran. “Bisa saling bertukar informasi denganbaik terkait dengan PKL dan sebagainya. Saling memanfaatkanuntuk kebaikan dan saling maju. Harus bergaul!” ucapnya.

Kegiatan tersebut juga diselingi temu ramah dengan pengurusASPIKOM dan seluruh Dosen Program Studi Ilmu Komunikasiseluruh Sumut. Balik itu dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Medan Area, SekolahTinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan, Universitas Sari Mutiara, dan Universitas Dharma Agung, serta UniversitasDharmawangsa.

Sementara, Wakil Ketua II ASPIKOM Pusat Wilayah Sumatera, Dra. Dewi Kurniawati, M.Si, Ph.D mengatakan acara pelantikanini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi. Selain itu, ia jugamengajak seluruh Dosen Ilmu Komunikasi untuk bahu-membahu dalam menuju akreditas unggul.

“Kaprodi tidak bisa bekerja sendiri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka menuju akreditasunggul. Harus banyak berdiskusi. Oleh karena itu, ASPIKOM dapat menjadi wadah bagi kemajuan insan komunikasi,” ujarnya. Dewi merinci salah satu hal yang dapat ASPIKOM lakukan ke depannya yaitu dengan banyak menghasilkanpublikasi karya ilmiah. Baik itu dalam skala nasional maupuninternasional yang terindeks Scopus. “Sarpras (sarana danprasarana) tidak menentukan kualitas suatu universitas, melainkan penelitian jurnal dan kolaborasi.  Semangat yok kitasama-sama!” ungkapnya.

Ketua Dewan Pakar Prof. Dr. Humaizi, M.A juga mengucapkanSelamat atas Pelantikan ASPIKOM Korwil Sumut Periode2022-2025. Ia berpesan kesuksesan sebuah organisasi itu diukurdengan banyaknya kegiatan dan pengurusnya yang solid. “ASPIKOM itu lebih mandiri secara pendanaan, karena itu tidakboleh mati suri,” tegasnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Dharma Agung, Dr. Irene Silviani, M.SP; Ketua Program Studi Magister dan Doktor FISIP USU, Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si, PersMahasiswa PIJAR, USU Media, dan USU TV. (ril)