20/06/2024 4:00
FOKUS MEDAN

Atasi Banjir, Masyarakat Berharap Kolam Retensi Martubung Segera Selesai

Pembangunan kolam retensi Martubung diharapkan segera selesai. Ist

Fokusmedan.com : Masyarakat Medan Labuhan inginkan pembangunan kolam Retensi di Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan segera selesai. Pasalnya, kolam retensi diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

Pembangunan tahap pertama kolam retensi di danau Laguna tersebut saat ini sudah selesai, pemagaran beton di kolam retensi seluas 10 Ha tersebut sudah terpasang. Pembangunan tahap kedua kembali dilanjutkan di tahun 2023 ini diantaranya pembangunan kolam lumpur, fasilitas taman bermain dan jogging track serta tempat pelaku UMKM.

Seorang warga yang sudah 17 tahun tinggal di Griya Martubung, Edy Gurning mengungkapkan dirinya sangat berterima kasih kepada Pemko Medan karena telah membangun kolam retensi di Griya Martubung. Selama tinggal di sini Danau Laguna ini terbengkalai hanya hutan eceng gondok.

“Selama 17 tahun saya tinggal danau ini terbengkalai hanya hutan enceng gondok, karena sudah dibagusin seperti ini dibangun kolam retensi saya berterima kasih kepada Pemko Medan. Saya sangat mendukung program ini, apalagi wilayah ini akan dijadikan destinasi wisata tentunya secara tidak langsung akan mendongkrak perekonomian warga. Edi Pun berharap pengerjaan ini dapat segera selesai,” ujarnya, Selasa (10/1).

Salah satu tokoh masyarakat Griya Martubung, Syahbudin Rambe juga mengungkapkan masyarakat di sini sangat mendukung program dalam mengatasi banjir di Griya Martubung dengan dibangunnya kolam Retensi. Tentunya pembangunan ini merupakan kepedulian Pemko Medan terhadap masyarakat yang kerap merasakan dampak banjir.

Dirinya pun berharap pembangunan ini dapat segera selesai agar dapat mengatasi banjir di wilayah tersebut.

Sebelumnya Camat Medan Labuhan Khairun Nasir menyebutkan bahwa awal pembangunan kolam retensi ini karena Wali Kota Medan, Bobby Nasution memprioritaskan penanganan banjir termasuk di wilayah Medan Labuhan. Dengan memanfaatkan danau Laguna yang dulunya hanya hutan eceng gondok.

Khairun Nasir menambahkan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan Alhamdulillah mendapat respon yang positif serta mereka mendukung program pembangunan ini.

“Dari awal pembangunan sampai saat ini selesai tahap pertama tidak ada kendala apapun di masyarakat. Mereka sangat mendukung program Pak Wali Kota ini untuk mengatasi permasalahan banjir di wilayah griya martubung,” sebutnya.

Dijelaskan Khairun Nasir, setelah pembangunan tahap pertama yang hampir rampung ini, pembangunan  tahap kedua akan dilanjutkan dengan pembangunan kolam lumpur, jogging track dan tempat pelaku UMKM.

“Sesuai rencana, di lokasi kolam retensi ini akan dijadikan juga sebagai destinasi wisata air dan dibangun juga sarana olahraga jogging track. Selain itu akan ada juga wisata kuliner yang dapat dinikmati seluruh masyarakat,” pungkasnya. (Rio)