20/04/2024 9:51
NASIONAL

1 Simpatisan Tewas Tertembak Saat Halangi Lukas Enembe Dibawa KPK di Bandara Sentani

Fokusmedan.com : Salah satu simpatisanmeninggal dunia saat berusaha menghalangi KPK membawaGubernur Papua Lukas Enembe ke Jakarta di Bandara Sentani. Simpatisan itu meninggal setelah tertembak di bawah pinggang saat ricuh Lukas Enembe hendak dibawa KPK usai ditangkap di salah satu rumah makan kawasan Jayapura.

“Iya (ada yang meninggal) jadi itu korban tersebut merupakan masa simpatisan dari LE masih keluarga juga,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Prabowo saat dikonfirmasi, Selasa (10/1).

Benny menyebut para simpatisan itu menyerang anggota Brimob yang mengawal KPK membawa Lukas Enembe di Bandara Sentani. Tindakan tegas diambil setelah aksi massa dinilai membahayakan petugas.

“Mereka menyerang petugas yang melakukan penyekatan, yang melakukan pengamanan. Maka dilakukan upaya untuk menghentikan perbuatannya karena membahayakan petugas,” ujar dia.

Dia menjelaskan, satu orang yang tewas tersebut berada di lokasi Bandara Sentani, pada saat Lukas Enembe dinaiki ke pesawat untuk dibawa KPK ke Jakarta. Para simpatisan itu berusaha masuk ke area pengamanan.

Benny menegaskan, satu orang yang meninggal dunia itu ditembak petugas setelah sebelumnya diberikan tembakan peringatan. Namun nyawa simpatisan Lukas Enembe itu tak tertolong setelah menjalani perawatan di RSUD Yowari.

“Sudah ada upaya tembakan peringatan, dan itu pun korban ditembaknya di bawah pinggang. Itukan memang standar untuk penembakan melumpuhkan,” tegasnya.

Tak hanya meninggal dunia, menurut Benny, tiga simpatisan Lukas Enembe lainnya mengalami luka. Namun Benny mengaku belum mengetahui kondisi korban luka tersebut.

“Ada tiga korban luka lainnya. Dua masih kelompok simpatisan. Satu itu warga kena rekoset karena berada di sekitar lokasi (lanud),” pungkasnya.(yaya)