23/06/2024 18:20
SUMUT

Ribuan Orang Padati Pesta Lemang di Biru-Biru

Wagub Sumut Musa Rajekshah menghadiri puncak Pesta Lemang di Biru-Biru.

Fokusmedan.com : Ribuan orang padati puncak Pesta Lemang ke-15 di Tanah Lapang Desa Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, Rabu (4/1) malam. Kemeriahan gelaran pesta rakyat tahunan yang sudah tertunda tiga tahun akibat Covid-19 ini pun mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah.

“Saya bersyukur bisa hadir di Desa Biru-Biru ini, tak menyangka melihat ramainya orang yang hadir untuk kegiatan pesta lemang ini, padahal kegiatannya di desa, setingkat kecamatan tapi luar biasa, ini panitianya hebat ini,” ujarnya.

Ia berharap, Pesta Lemang ini rutin digelar setiap tahun. “Karena Covid-19 acara ini sempat absen tiga tahun, saya tadi bicara sama Bapak Wakil Bupati ini harus terus dilanjutkan, tahun depan harus lebih besar, lebih ramai dan lokasinya cari yang lebih luas, agar masyarakat yang hadir merasa nyaman dan UMKM yang ikut makin laris pembeli,” katanya.

Pesta Lemang ini dibalut dengan beragam seni dan kebudayaan Karo, di antaranya Perkolong-kolong dan tarian khas suku Karo oleh anak-anak hingga dewasa. Kesempatan itu, Ijeck yang lengkap menggenakan beka buluh. tampak ikut menari didampingi Wakil Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar.

“Kami pemerintah pastinya senang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini yang memang positif di masyarakat apalagi acara ini bukan pesta lemangnya saja tapi juga dibalut dengan seni budaya lengkap juga dengan pelaku UMKM, mudah-mudahan bisa ditiru oleh daerah-daerah lain yang juga pasti punya keunggulan atau ciri khasnya masing-masing,” tegasnya. (Rio)