21/06/2024 22:00
SUMUT

PLN Berhasil Amankan Pasokan Listrik di Sumut, Perayaan Malam Pergantian Tahun Meriah

GM UID Sumut, Tonny Bellamy (tengah) bersama GM di UP2D Sumut saat siaga malam tahun baru. Ist

Fokusmedan.com : Pergantian tahun kali ini menjadi moment yang berbeda karena Pemerintah secara resmi tidak lagi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu membuat perayaan pergantian malam tahun baru 2023 menjadi berbeda.

Untuk memastikan keandalan listrik tersebut, PLN UID Sumatera Utara melaksanakan siaga malam pergantian tahun bersama seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) secara hybrid malam tadi (31/12).

General Manager UID Sumut, Tonny Bellamy mengatakan, langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisi pasokan listrik menjelang malam pergantian tahun dapat berjalan dengan baik. Siaga malam tahun baru ini diikuti oleh 67 Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3).
Kegiatan ini dipimpin langsung oleh General Manager di Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Sumatera Utara (UP2D SU) yang menaungi seluruh wilayah Sumatera Utara

“Terdapat beberapa titik merayakan malam pergantian tahun yang tersebar di Sumatera Utara. Salah satunya kegiatan bazar Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang diadakan di Kota Medan. Untuk beban puncak Sumut tadi malam (31/12) sebesar 1.527 MW,” ujar Tonny, Minggu (1/1/2023).

Selain personel pelayanan teknik dan personel PDKB, PLN juga mempersiapkan genset/UPS/UGB sebanyak 108 unit dan kendaraan pendukung sebanyak 269 unit yang siaga selama perayaan malam tahun baru.

Tonny juga memastikan pasokan listrik aman dengan daya mampu pembangkit sebesar 2.320 MW, dengan cadangan daya 793 MW. Sementara, daya mampu pembangkit di sub sistem Nias sebesar 62,95 MW, beban puncak sebesar 39,47 MW, dengan cadangan daya sebesar 25,68 MW.

PLN UID Sumatera Utara juga memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tetap beroperasi selama 24 jam. Terdapat lima titik SPKLU diantaranya SPKLU Medan Kota, SPKLU City View, SPKLU Tebing Tinggi, SPKLU Parapat dan SPKLU Berastagi.

Perayaan menyambut datang nya Tahun 2023 di Sumatera Utara berlangsung dengan sukses. PLN berkomitmen siap menjaga pasokan listrik yang handal dalam pergelaran acara apapun di Kota Medan. PLN juga siap melayani kebutuhan listrik para investor yang akan berinvestasi di Sumatera Utara

General Manager juga mengimbau seluruh pelanggan berhati-hati saat bermain kembang api agar demi keamanan dan keselamatan kita bersama.

“Jangan bermain kembang api sekitar tiang, kabel maupun jaringan listrik karena berpotensi mengakibatkan kebakaran dan pemadaman,” kata Tonny.

Segala kebutuhan pelanggan terkait layanan PLN, masyarakat tidak perlu lagi repot untuk melapor ke kantor PLN. Melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat kini bisa melaporkan gangguan maupun kebutuhan terkait ketenagalistrikan dalam satu genggaman. (ng)