20/06/2024 22:56
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Cara Aman Makan Nasi Putih Tanpa Takut Perut Buncit

Ilustrasi nasi putih. Freefik

Fokusmedan.com : Nasi cenderung dihindari oleh beberapa orang yang tengah menjaga berat badan. Karbohidrat kompleks dinilai memberi kontribusi utama dalam kenaikan berat badan dan melebarnya lingkar pinggang.

Dilansir dari NDTV, beras putih yang mengandung karbohidrat kompleks dalam takaran tinggi biasanya dihindari oleh mereka yang tengah berdiet.

Jadi ketika seseorang tengah menjalankan program diet, menu harian pertama yang akan diganti adalah nasi putih.

Sebaliknya, seseorang yang bertujuan menaikkan berat badan, biasanya akan langsung disarankan banyak mengonsumsi nasi yang kaya karbohidrat kompleks oleh para ahli gizi.

Spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir mengatakan kandungan gula pada nasi yang baru matang sebenarnya sama saja dengan nasi putih yang sudah dingin. Meski mengandung gula, makan nasi tidak sama dengan makan gula pasir.

“Nasi masih ada vitamin dan mineral meski sedikit. Nasi putih dan gula bikin buncit kalau dikonsumsi di atas kebutuhan kalori harian,” jelas dr Koko mengutip detikcom, Minggu (1/1/2023).

Nasi kerap dijadikan ‘biang kerok’ penyebab perut menjadi buncit ketika konsumsinya tidak dibarengi dengan pola hidup sehat. Konsumsi nasi putih tidak akan memicu perut bucit dan diabetes selama asupannya tidak berlebihan dan senantiasa dibarengi aktivitas fisik.

Senada, dokter spesialis gizi klinik dr Titi Sekarindah, SpGK menjelaskan kandungan kalori pada nasi putih berbeda dengan gula pasir. Jika nasi putih masih memiliki kandungan vitamin meski hanya sedikit, gula pasir tidak memiliki kandungan apapun selain kalori sehingga disebut ‘empty calory’.

Agar tidak memicu kegemukan dan penyakit diabetes, dr Titi menyarankan makan nasi putih bisa dibarengi dengan asupan sayur-sayuran.

“Kalau memang hanya bisa makan nasi putih ya nggak apa-apa, tapi harus bareng dengan sayuran yang banyak,” jelas dr Titi. (ram)