13/04/2024 12:55
EKONOMI & BISNIS

BI Sumut : Jangan Ada Oknum Timbun dan Naikan Harga Bahan Pokok Saat Nataru

Kepala KPw BI Sumut, Doddy Zulverdi. Ist

Fokusmedan.com : Momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap menjadi salah satu faktor pemicu kenaikan harga bahan pokok di sejumlah wilayah. Karenanya pemerintah bersama stakeholder terkait memantau dan mengawasi pasar agar tidak terjadi kenaikan bahan pokok yang signifikan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi menegaskan, agar jangan ada oknum masyarakat yang melakukan kecurangan seperti menimbun sembako sehingga membuat keresahan di tengah-tengah masyarakat.

“Saya harap, di akhir tahun 2022 ini khususnya pada momen Nataru agar tidak ada masyarakat yang berbuat curang. Apalagi sampai melakukan penimbunan sembako,” kata Doddy di Medan, Kamis (29/12/2022).

Selain itu, tambahnya, bagi para pedagang jangan asal menaikkan harga barang secara sepihak meski permintaan konsumen banyak. Jika penimbunan dan menaikkan harga barang tidak dilakukan maka diharapkan perekonomian di Sumatera Utara akan tetap stabil.

Tak hanya itu saja, ia mengimbau agar pihak Kepolisian dan pemerintah di Kotamadya dan Kabupaten yang ada di Sumut dapat bekerjasama memantau setiap pasar yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Untuk memantau perkembangan ekonomi agar tidak terjadi lonjakan harga-harga bahan pokok atau sembako pada momen Nataru ini, saya imbau pihak Kepolisian dan pemerintah setempat untuk melakukan sidak langsung ke pasar,” tuturnya. (ng)