13/04/2024 14:13
SUMUT

PLN Medan Siapkan 163 Petugas Amankan Listrik Menyambut Tahun Baru 2023

Manager PLN UP3, Medan Ediwan. Ist

Fokusmedan.com : Manager PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Medan Ediwan mengatakan, menghadapi Tahun Baru 2023 PLN Medan menyiapkan sedikitnya 163 petugas yang terdiri pelayanan teknis dan pegawai. Mereka siaga 24 jam dan siap melayani pengaduan masyarakat yang mengalami gangguan aliran listrik.

“Bila ada gangguan listrik seperti padam listrik, pohon tumbang dan lainnya silahkan melapor lewat contak center (061)123 atau lewat PLN Mobile,” kata Ediwan yang didampingi Asman Keuangan dan Umum PLN UP3 Medan Rita Angraini menjawab wartawan di Medan, Rabu (28/12/2022).

Ediwan mengatakan, jumlah pelanggan PLN di Medan sekitar 486.802, dengan jumlah pengunaan dayanya hampir berimbang antara rumah tangga dengan bisnis (industri).

Menurutnya, untuk pengamanan listrik Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu sesuai instruksi PLN Pusat. Disiapkan posko siaga mulai 19 Desember 2022 sampai 4 Januari.

“Kita koordinasi dengan stakeholder dan petugas keamanan di daerah ini. Sampai saat ini semuanya masih aman dan terkendali. Kalau di Medan ini beban puncaknya sekitar 350 MW,” katanya.

Petugas yang disiagakan meliputi Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) 12 orang, pegawai 15 orang, petugas piket 8 orang dan pelayanan teknis (yantek) 128 orang. Mereka ini dilengkapi dengan kenderaan mobil, sepeda motor, genset, kren, gardu/trafo yang bergerak dan lainnya. Ada 96 titik dan 63 titik diantaranya adalah gereja yang jadi prioritas pantauan kami,katanya.

“Pelanggan boleh mengadu dan kemudahan yang diperoleh lewat PLN Mobile, bisa melapor bila ada padam listrik, beli token, bayar tagihan, melakukan pengaduan, mengajukan pasang baru, tambah daya dan lainnya,” pungkasnya. (ng)