Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Diseminasi Proses Pendaftaran Perseroan Perorangan di Dairi

Kanwil Kemenkumham Sumut gelar diseminasi proses pendaftaran perseroan perorangan di Dairi. Ist

Fokusmedan.com : Mendukung pertumbuhan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang berbadan hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) kembali mengadakan kegiatan Diseminasi Layanan Administrasi Hukum Umum terkait proses Pendaftaran Perseroan Perorangan yang memenuhi kriteria UMK, Selasa (6/12/2022 di Hotel Mutiara Dairi.

Perseroan Perorangan merupakan inovasi dari pemerintah yang menetapkan entitas badan hukum yang bisa didirikan oleh individu/perorangan. Dengan syarat pendirian yang sangat mudah sebagaimana terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan, serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan dan Pembubaran Perseroan yang memenuhi kriteria UMK, yaitu berusia 17 Tahun, memiliki KTP dan NPWP.

Dengan proses pendaftaran pendirian secara online melalui website.ptp.ahu.go.id dan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hanya sebesar Rp50.000 dan tidak memerlukan akta notaris. Perseroan Perorangan juga telah dapat membuka rekening atas nama perseroan pada institusi Perbankan, khususnya pada Himpunan Bank Negara (Himbara).

Tiga orang narasumber hadir pada kegiatan tersebut. Pertama, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Dairi, Iwan Taruna Berutu, ST., M.Si dengan materi “Penguatan Usaha Mikro, Kecil & Menengah untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat”.

“Pelaku UMK dapat mempersiapkan diri agar memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai entrepreneur yang tangguh dan berhasil serta menciptakan peningkatan produktivitas perbaikan manajerial oleh UMK di Kabupaten Dairi,” paparnya.

Narasumber kedua berasal dari Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara II yaitu Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen, Krisman H. Purba dan Fungsional Penyuluh Pajak, Purnama Sari Saragih menyampaikan materi mengenai “Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak UMKM”. Di mana UMK harus mengetahui kewajibannya terkait perpajakan, mulai dari tata cara pembuatan pembukuan keuangan perseroan dan tata cara penghitungan dan pelaporan perpajakan bagi UMK.

Narasumber ketiga, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Yulius Manurung menyampaikan materi terkait “Layanan Pendaftaran Perseroan Perorangan”.

“Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum per 30 November 2022 Perseroan Perorangan yang sudah terdaftar di Provinsi Sumatera Utara sebanyak 2.324 dan khususnya di Kabupaten Dairi sebanyak 19 Perseroan Perorangan,” ujarnya.

Peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 47 orang yang terdiri dari 42 orang Pelaku UMK yang ada di Kabupaten Dairi dan 5 orang pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Dairi.

Diakhir kegiatan para pelaku UMK dilayani secara langsung oleh Tim dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara untuk proses pendaftaran Perseroan Perorangan bagi pelaku UMK. (ng)