25/04/2024 16:03
EKONOMI & BISNIS

Bencana Banjir Rusak Tanaman, Sumut Masih Berpeluang Cetak Deflasi di November

Bawang merah diprediksi sumbang deflasi di November. Ist

Fokusmedan.com : Curah hujan yang cukup tinggi selama November ini telah memicu terjadinya kenaikan pada sejumlah komoditas pangan sayur-sayuran. Diantaranya seperti, tomat, sawi hijau, kedelai (tahu/tempe), bayam, brokoli mengalami kenaikan harga dalam kurun waktu dua pekan belakangan ini.

Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, kenaikan harga sayur-sayuran tersebut tentunya akan memberikan kontribusi pada kenaikan laju tekanan inflasi. Selain itu, kenaikan cukai rokok juga turut memicu terjadinya kenaikan pada harga rokok untuk semua merek.

Namun untuk sejumlah harga pangan pokok yang dipantau melalui PIHPS, kata dia, masih akan memberikan kontribusi terjadinya deflasi di wilayah Sumut.

“Deflasi akan disumbang dari harga cabai merah, cabai rawit, bawang merah yang di bulan November ini ketiga komoditas tersebut konsisten bergerak turun,” ujar Gunawan, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, kontribusi IHK dari komoditas tersebut juga cukup signifikan. Akan tetapi, tambahnya, ia memperkirakan kontribusi deflasi yang disumbang dari cabai akan berakhir di November ini.

Sementara sumbangan inflasi selain sayur-sayuran seperti minyak goreng juga turut menyumbangkan besaran inflasi yang cukup tinggi di November ini, termasuk juga daging ayam.

Meskipun pada dasarnya harga minyak goreng khususnya minyak goreng curah harganya masih sesuai dengan HET pemerintah sebesar Rp14 ribu per Kg, namun di beberapa kota seperti Siantar dan Kota Medan yang harga minyak goreng curahnya sempat menyentuh Rp12 ribuan per Kg. Khusus di bulan ini secara konsisten harganya naik mendekati Rp14 ribu per Kg.

“Kenaikan harga minyak goreng tersebut juga menunjukan adanya anomali karena harga minyak goreng curah yang naik justru terjadi disaat harga CPO dalam tren turun. Sementara itu, untuk sejumlah komoditas pangan lainnya seperti telur ayam, daging sapi, gula pasir serta beras terpantau masih cukup stabil, tidak mengalami fluktuasi harga yang berlebihan,” terangnya.

Di sisi lain, penurunan harga minyak mentah dunia turut berkontribusi pada penurunan harga tiket pesawat yang lagi lagi akan menyumbang deflasi. Sementara itu, melunaknya sikap Bank Sentral AS dalam menaikkan suku bunga acuan kedepan, telah memicu kenaikan harga emas. Dimana harga emas akan menyumbang inflasi di November ini.

“Secara keseluruhan, saya memperkirakan bahwa Sumut berpeluang untuk mencetak inflasi dalam rentang -0.05% hingga 0.07%, artinya peluang deflasi di SUMUT masih cukup terbuka. Pada dasarnya secara keseluruhan harga yang terbentuk saat ini di Sumut masih terbilang stabil, jadi baik peluang inflasi maupun deflasinya diperkriakan masih belum beranjak jauh dari angka 0,” pungkasnya.(ng)