23/04/2024 20:53
EKONOMI & BISNIS

Sepekan Pasca Kenaikan Harga BBM, Rupiah dan IHSG Justru Menguat

Ilustrasi kinerja Rupiah dan IHSG menguat. Ist

Fokusmedan.com : Sepekan pasca kenaikan harga BBM, rupiah dan IHSG justru menguat. Di mana, pada akhir pekan ini, rupiah mengalami penguatan dikisaran Rp14.842 per dolar AS sedangkan di akhir pekan lalu rupiah berada dikisaran Rp14.900 per dolar AS.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, rupiah sempat tertekan pada perdagangan Senin setelah pemerintah mengumumkan besaran kenaikan harga BBM subsidi pada Sabtu. Akan tetapi tekanannya hanya berlangsung sesaat dan rupiah mampu berbalik, sekalipun ada ancaman kenaikan bunga acuan yang besar kemugkinan akan diambil oleh Bank Sentral AS di bulan ini.

“Penguatan rupiah setelah BBM dinaikkan ini sebenarnya menjadi kabar baik karena ketakutan akan dampak pelemahan rupiah yang dikhawatirkan sebelumnya itu bisa membuat laju tekanan inflasi di tanah air bisa mengalami kenaikan. Sehingga penguatan rupiah di akhir pekan ini mengikis kekhawatiran tersebut dan bisa menjadi pertanda bahwa laju inflasi tidak sebesar yang dikhawatirkan sebelumnya,” ujarnya, Jumat (9/9/2022).

Sementara itu, IHSG juga bernasib serupa, secara poin to poin IHSG mengalami penguatan. Di akhir pekan ini IHSG ditutup di level 7.242,66, menguat dibandingkan penutupan akhir pekan lalu di level 7.177,18. Dan secara teknikal IHSG sendiri mampu melewati resisten kuat 7.193 dan mampu ditutup di atas level psikologis 7.200.

Sementara itu harga emas dunia juga mengalami penguatan. Setelah sempat terpukul di akhir pekan lalu dikisaran $1.702 per ons troy. Saat ini harga enas dunia ditransaksikan dikisaran level $1.729 per ons troynya.

“Jika dirupiahkan, harga emas dunia saat ini berada dikisaran Rp827 ribu per gramnya. Harga emas sendiri masih terombang ambing seiring dengan kebijakan normalisasi yang dilakukan oleh Bank Sentral AS,” pungkasnya. (ng)