20/04/2024 4:23
INTERNASIONAL

8 Pendaki Tewas Saat Panjat Gunung Rusia

Gunung Elbrus di Rusia. Net

Fokusmedan.com : Delapan orang tewas saat mendaki gunung berapi Klyuchevskaya Sopka di timur jauh Rusia, kata kantor berita Interfax mengutip seorang pejabat setempat, setelah angin yang membekukan menghentikan upaya penyelamatan.

Sebelumnya pihak berwenang setempat mengatakan enam orang tewas dan enam lainnya diyakini tertinggal dari kelompok 12 orang, termasuk dua pemandu.

“Dua lagi tewas,” Interfax mengutip Roman Vasilevsky, wakil perdana menteri wilayah Kamchatka. Informasi itu berasal dari seorang pemandu, yang berkomunikasi dari gunung berapi melalui telepon satelit, kata Interfax dikutip dari Reuters, Senin (5/9/2022).

Rombongan yang terdiri atas 12 orang itu berangkat untuk mendaki gunung berapi setinggi 4.754 meter pada Selasa, tetapi mengalami masalah pada Sabtu ketika beberapa dari kelompok itu jatuh hingga tewas di ketinggian hampir 4.200 meter, kata pihak-pihak berwenang.

Satu orang diperkirakan mengalami patah kaki, tambah mereka.

Tim penyelamat berusaha mencapai mereka pada Minggu tetapi harus berbalik karena angin kencang mencegah helikopter mereka mendarat.

“Mereka dijadwalkan mendarat di ketinggian 3.300 meter, tetapi karena angin kencang dengan kecepatan 30 meter per detik, mereka gagal melakukannya, meskipun dua upaya terpisah dilakukan beberapa jam,” kata tim penyelamat.

Suhu di gunung bisa mencapai minus 14 Celcius dalam semalam. Tatyana Yukhmanova, perwakilan dari otoritas pertahanan sipil setempat, mengatakan bahwa tim penyelamat akan mencoba menjangkau kelompok itu lagi besok jika kondisi cuaca memungkinkan.
Klyuchevskaya Sopka adalah yang tertinggi dari 160 gunung berapi yang puncaknya bersalju menjulang di atas Semenanjung Kamchatka Rusia.

Gunung ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO yang terdaftar karena keindahan alamnya yang luar biasa.

Tim penyelamat memperingatkan bahwa gunung itu, yang terdiri dari gundukan batuan vulkanik yang bercampur dengan salju dan es, dianggap sangat berbahaya bagi pendaki karena ketinggiannya dan risiko letusan gunung berapi.(Ant)