Harga Cabai Merah di Medan Dekati Rp100 ribu per Kg, Dipicu Cuaca ekstrem dan Banjir

Harga cabai merah di Medan dekat Rp100.000 per kg. Ist

Fokusmedan.com : Jelang HUT RI ke-77, harga cabai merah berfluktuasi sekitar Rp5.000 per kilogram (Kg). Hal tersebut ditenggarai oleh aktivitas masyarakat khususnya petani yang terkonsentrasi di perkotaan yang merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Terpantau di Rabu (17/8/2022), masyarakat memadati Kota Kabanjahe dan Berastagi. Tetapi saat terjadi hujan lebat pada Kamis (18/8/2022) pagi yang berlanjut hingga sore hari membuat pedagang enggan turun ke ladang, yang pada akhirnya di akhir pekan ini stok menipis dan telah memicu kenaikan harga cabai merah yang nyaris mendekati Rp100 ribu per Kg.

Dari pantauan PIHPS, harga di sejumlah pasar di tradisional di Kota Medan, harga cabai merah berada dalam rentang Rp90 hingga Rp97.500 per Kg.

“Namun saya sangat yakin, harga di tingkat “kedai sampah” sudah ada yang menyentuh 100 ribu per Kg,” kata Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, Jumat (19/8/2022).

Sementara itu, di sejumlah pasar tradisional di Deli Serdang, terpantau harga cabai mengalami kenaikan dikisaran Rp80 hingga Rp90 ribu per Kg. Namun di sejumlah pasar tradisional di kota lainnya di Sumut masih bergerak dalam rentang Rp50 hingga Rl70 ribu per Kg.

Sementara itu, untuk komoditas lainnya sejauh ini masih terpantau stabil sekalipun terjadi fluktuasi sedikit pada komoditas tertentu.

Namun fluktuasinya masih terbilang stabil. Dan dari beberapa komoditas pangan seperti beras, daging ayam, telur ayam, daging sapi, minyak goreng curah, bawang merah dan bawang putih, maupun cabai.

“Sejauh ini cabai rawit maupun cabai merah yang harganya masih di atas keekonomiannya. Sementara sejumlah harga kebutuhan lain belum beranjak jauh dari harga idealnya,” terang Gunawan.

Menurut Gunawan, dengan lompatan harga cabai tersebut, masyarat tidak perlu panik. Cuaca buruk kemarin memang memicu terjadinya musibah banjir di Medan dan intensitas hujannya terbilang tidak biasa, dan terjadi untuk waktu yang cukup lama sehingga dari sisi produksi terganggu termasuk juga jalur distribusi atau transsportasinya.

“Saya yakin harga cabai akan kembali berangsur turun di akhir pekan ini. Bahkan harga akan kembali normal nantinya di pekan depan. Harga cabai hingga tutup bulan agustus ini saya perkirakan berpeluang bergerak dalam rentang Rp50 hingga Rp70 ribu per Kg. Jadi harga yang sekarang ini memang menyusahkan, tapi jangan cemas semua akan seperti sedia kala nantinya,” pungkasnya.(ng)