20/04/2024 14:09
NASIONAL

Wapres Ajak Seluruh Elemen Bangsa Rapatkan Persatuan

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Setwapres

Fokusmedan.com : Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan dalam agar Indonesia mampu bangkit dari berbagai tantangan krisis. Pesan itu disampaikan dalam peringatan HUT RI ke-77.

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan, bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat,” ujar Ma’ruf Amin dalam video yang diunggah di YouTube, Rabu (17/8).

Wapres mengatakan rekam sejarah bangsa Indonesia memberi pelajaran bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang. Menurutnya, semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaan harus senantiasa menjadi jiwa bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

Dia menyampaikan tantangan yang dihadapi pahlawan dan pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan berbeda dengan tantangan yang dihadapi bangsa saat ini, maupun di masa depan. Namun perjuangan yang dilakukan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan harus sama kuatnya dengan pahlawan kemerdekaan.

“Apalagi saat ini kita tengah dilanda ujian berat akibat pandemi Covid-19, konflik internasional, krisis pangan, energi serta perubahan iklim,” jelasnya.

Oleh karena itu Wapres mengajak seluruh elemen bangsa merapatkan persatuan agar bangsa segera pulih dari krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat.

Dia menyampaikan tantangan yang dihadapi di masa depan adalah perubahan yang lebih cepat. Oleh karena itu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah modal terpenting untuk bisa mengelola perubahan sekaligus memenangkan persaingan global.

Dalam kesempatan yang sama, Ma’ruf juga menyampaikan bahwa Indonesia akan menularkan semangat untuk bangkit lebih cepat kepada bangsa lain melalui presidensi di G20.

“Melalui momentum presidensi G20, kita tularkan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat pada bangsa-bangsa lain agar kemajuan di tingkat internasional, kawasan dan global dapat kita wujudkan,” ujar Ma’ruf.(ram)