20/04/2024 15:10
SUMUT

Keberangkatan 215 Calon PMI Ilegal ke Kamboja Berhasil Digagalkan

Keberangkatan ratusan calon PMI ke Kamboja berhasil digagalkan. Ist

Fokusmedan.com : Keberangkatan 215 calon Pekerjaan Imigran Indonesia (PMI) ilegal kKota Sihanoukville, Kamboja untuk bekerja berhasil digagalkan oleh tim gabungan di Bandara Kualanamu Internasional Airport, Jumat (12/8/2022) malam.

Saat dilakukan pengecekan dokumen-dokumen perjalanan mereka tidak lengkap dan langsung diaman.

Kepala UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sumut, Siti Rolijah menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari Kementerian Luar Negeri terkait adanya pengiriman PMI non-prosedural ke Kamboja dari Bandara Kualanamu.

“Salah satunya dokumen untuk bekerja tidak lengkap. Sebanyak  215 WNI di Kualanamu akan diberangkatkan ke Sihanoukville, Kamboja, yang diduga adalah calon PMI non-prosedural,” sebutnya, Sabtu (13/8/2022).

Siti menjelaskan, awalnya ada 215 calon PMI yang diduga ilegal gagal berangkat ke Kamboja. amun, empat orang berhasil kabur dari Bandara Kualanamu.

“Awalnya data yang kami dapatkan 215 orang. Kemudian empat orang ada yang kabur keluar dari bandara. Sampai saat ini data ada 211 orang,” tuturnya.

Siti mengungkapkan, ratusan orang itu direncanakan berangkat ke Kamboja menggunakan pesawat carteran. Namun, kini ratusan orang itu telah diboyong ke Polda Sumut untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif.

“Sekarang masih ditangani Polda Sumut. Jadi memang ada indikasi keberangkatan melalui Kualanamu dan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang,” kata Siti.

Berdasarkan data diperoleh, ratusan PMI ilegal ini, berasal dari sejumlah provinsi di tanah air ini. Namun, pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi terkait dengan diamankan ratusan PMI tersebut.(Rio)