AHM Best Student Regional Sumut 2022 Lahirkan Generasi Kaya Inovasi

Fokusmedan.com : PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatea Utara (Sumut) menantang generasi muda kreatif dan inovatif dalam membangun bangsa melalui gagasan dan invensi melalui seleksi Astra Honda Motor Best Students (AHM Best Student) 2022 dengan tema “Berkreasi Menebar Inspirasi”.

Program yang telah hadir sejak 2 dekade berhasil melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan membanggakan serta ratusan karya terbaik lahir dari pemikiran putra-putri bangsa untuk berkontribusi dalam pengembangan berbagai bidang seperti lingkungan, kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Pada penyelenggaraannya ke-20, AHM Best Student tahun ini semakin menantang dan menguji kreativitas pelajar dalam membentuk ide proposal ataupun invensi. Dalam ketegori ide proposal para peserta ditantang kreatif dan kritis terhadap isu sosial sekitar maupun kontribusi terhadap masyarakat. Sedangkan kategori invensi, para peserta ditantang untuk membuat produk atau temuan baru yang memiliki manfaat sosial ataupun berkontribusi terhadap masyarakat.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, pada 7 Agustus 2022 PT Indako Indako Trading Coy akhirnya mengumumkan 3 pemenang untuk AHM Best Student Regional Sumut 2022 yang berhasil diraih oleh Derry Fernaldy yang berasal dari SMA Swasta Sutomo 1 Medan yang berhasil meraih juara 1 melalui kategori Ide berupa sebuah aplikasi Pendidikan Keuangan dan Pencari Kerja “ Edufin”.

Untuk terbaik ke-2 melalui kategori invensi berhasil diraih oleh Nuella Sintauli Siregar yang berasal dari SMA Swasta Methodist 2 Medan yang berhasil menciptakan video kreatif tentang “Pembuatan Pupuk Organik Cair dengan memanfaatkan limbah rumah tangga dan Tuak untuk Tanaman Organik”. Sedangkan untuk tebaik ke-3 berhasil diraih oleh Fahmi Fadilah Purba yang berasal dari MAN 3 Medan melalui kategori ide berupa “ Rancang Bangun dan Pengembangan Prototype Automatic Cruise Control pada Sepeda Motor Melalui Pemanfaatan Aplikasi Telegram”.

Seluruh pemenang menjadi juara setelah berhasil menjadi yang terbaik dari 7 Peserta pada kategori ide proposal dan 3 Peserta dari kategori invensi. Seluruh peserta merupakan siswa/siswi yang berasal dari 9 Sekolah di wilayah provinsi Sumatera Utara. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada gelaran tahun ini para peserta untuk kategori invensi juga ditantang kreatif membuat video tutorial/review produk yang dihasilkan dengan cara yang semenarik mungkin.

Para pemenang seleksi ini akan berjuang dalam tahap seleksi nasional menghadapi ratusan pelajar lainnya dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan dalam seleksi nasional yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Seluruh rangkaian kegiatan AHM Best Student 2022, mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring

Derry Fernaldy, pemenang AHM Best Student regional Sumut mengungkapkan sangat bersyukur dapat mengukir prestasi dalam ajang pelajar bergengsi dari Honda ini. Menurutnya ajang ini sangat bermanfaat untuk memacu kreativitas para putra bangsa untuk melahirkan ide dan gagasan brilian yang tidak hanya akan melahirkan prestasi yang membanggakan, namun menyumbangkan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Sementara itu Sutjipto, Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa program pencarian siswa berprestasi melalui ajang AHM Best Student yang telah diselenggarakan Honda sejak 20 tahun lalu ini, menjadi bagian dari upaya Honda untuk Sinergi Bagi Negeri dalam mengembangkan potensi manusia unggul sejak dini melalui kontestasi yang inspiratif dan apresiasi yang membanggakan.

“ Dengan semangat satu Hati, Honda selalu berupaya menemani langkah para generasi muda Sumatera Utara untuk terus berperan aktif dan bersinergi memberikan kontribusi positif bagi negeri melalui karya kreatif yang tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat namun juga menginspirasi generasi muda lainnya untuk berani mewujudkan mimpi, “ ujar Sutjipto.(ril)