Jangan Panik, Ini yang Dilakukan Ketika Rem Blong

Fokusmedan.com : Menjadi salah satu komponen penting pada motor menjadikan rem bagian istimewa yang harus diperhatikan agar tidak menyebabkan terjadinya kecelakaan saat berkendara. Beberapa kebiasaan seperti terus menerus menggunakan rem saat turunan dan hanya mengandalkan rem depan atau rem belakang dapat menjadi penyebab rem sepeda motor blong.

Pada umumnya yang menjadi penyebab rem blong adalah, kampas rem aus atau rem terlalu panas. Selain hal itu, teknik pengereman di jalanan yang menurun juga bisa menjadi pemicunya.

Ada banyak cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Di mana bila terjadi insiden tersebut, sebuah kecelakaan dapat diringkan resikonya. Maksudnya, dengan mampu mengantisipasi rem blong, para pengendara bisa sedikit terhindar dari berbagai kemungkinan hal buruk yang dapat terjadi di jalanan

Jika rem blong sudah terlanjur terjadi, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengendara sepeda motor untuk meminimalisir dampak kecelakaan. Seperti pengendara sebaiknya jangan langsung panik, karena akan kesulitan untuk memikirkan solusi atau tindakan reaktif yang tepat untuk mengendalikan laju motor atau menyelamatkan diri. Selain itu, pengendara sepeda motor bisa coba cari jalan yang konturnya menanjak sehingga dapat membantu pengendara untuk mengurangi laju sepeda motor.

Membunyikan klakson sembari menghidupkan lampu sein juga bisa menjadi sinyal bagi pengguna jalan yang lain, sehingga potensi terjadinya tabrakan bisa dihindari. Atau, jika kebetulan membawa alat pengeras suara bisa digunakan juga. Intinya, pengedara lain tahu, jika sedang mengalami insiden ini.

Tips lain yang bisa digunakan saat menghadapi rem blong adalah mencoba menghindarkan kendaraan dari keramaian. Bahkan jika perlu carilah tempat yang sepi dan luas untuk jadi tujuan saat mengalami rem blong guna menghindarkan diri dari insiden yang lebih parah lagi

Erwin Chandra Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan Rem blong sendiri dapat dikatakan sebagai masalah yang sangat menakutkan. Dimana tidak hanya mengancam keselamatan diri sendiri, namun juga dapat membahayakan nyawa orang lain.

“Untuk menghindari terjadinya rem blong, perawatan motor secara berkala pastinya menjadi cara yang efektif yang harus dilakukan. Pasalnya, ketika kampas atau cakram bermasalah bisa untuk segera diganti, maka baiknya dilakukan oleh yang ahli bersama bengkel resmi AHASS, sehingga kualitas komponen motor dapat terjaga dan motor selalu prima, “ ujar Erwin Chandra.(ril)