26/04/2024 5:15
NASIONAL

PKS: Terobosan Jokowi Mendamaikan Rusia-Ukraina Harus Diikuti Negara Lain

Fokusmedan.com : Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mengapresiasi lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia membawa misi perdamaian. Terobosan Jokowi itu juga untuk mencari solusi ekonomi global yang terganggu dari dampak perang dua negara itu.

“Tentu secara prinsip kita apresiasi ya, adanya terobosan dari Pak Jokowi untuk menghadirkan usaha mendamaikan atau menghadirkan perdamaian di kawasan tersebut dan kemudian untuk mencari solusi dari dampak perang tersebut, itu baik dari segi ekonomi dan sebagainya,” kata Hidayat Nur Wahid di DPP PKS, Pasar Minggu,Jakarta Selatan, Sabtu (2/6).

Hidayat menyebut, upaya untuk mendamaikan Rusia dan Ukraina perlu diterus dilakukan. Negara-negara lain harus mengikuti tindakan serupa yang dilakukan Presiden Jokowi.

“Bahwa kemudian masih terus berlanjutnya perang ini menandakan usaha ini tidak boleh berhenti, harus terus dilanjutkan dan mudah-mudahan bukan hanya Indonesia saja tapi juga negara-negara lain menghadirkan usaha yang serupa,” kata Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat menyayangkan setelah Presiden Jokowi balik dari Rusia malah terjadi serangan intensif dari Rusia ke Ukraina. Bahkan menghadirkan korban yang terus berjatuhan.

“Tapi apapun usaha ini harus dilakukan apapun hasilnya karena itu menegaskan posisi Indonesia yang tidak suka dengan perang, yang ingin menghadirkan kedamaian, peran itu saya kira yang harus tetap dilakukan,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo menemui Presiden Putin di Moskow, untuk mendorong perdamaian antara Rusia dengan Ukraina yang kini tengah berperang.

Pertemuan dengan Putin dilakukan setelah sebelumnya Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Ukraina.

Presiden Jokowi menyampaikan meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk dikedepankan dengan membuka ruang-ruang dialog.

Jokowi juga mengaku telah menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Putin dan menyatakan siap membantu menjembatani komunikasi kedua pemimpin untuk upaya perdamaian kedua negara.(yaya)