Ini Tips #Cari_Aman Membawa Barang dengan Motor

Fokusmedan.com : Saat ini motor menjadi salah satu pilihan transportasi yang praktis dan efisien dalam mendukung aktivitas masyarakat di Sumatera Utara (Sumut), dimana kepraktisannya menjadikan motor armada populer yang sering dimanfaatkan untuk memudahkan dalam rutinitas membawa penumpang maupun barang bawaan.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, kapan, dimana, dan dalam kondisi apapun, keselamatan dan #Cari_Aman harus selalu menjadi prioritas utama saat berkendara, sehingga segala hal yang dapat beresiko fatal harus sebisa mungkin dihindarkan. Seperti halnya kelalaian dalam membawa barang bawaan melebihi kapasitas yang dapat membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Karena itu harus lebih bijak dan sesuaikan barang bawaan dengan bahan dan dimenji yang diperbolehkan.

Untuk mendukung pecinta motor Honda agar selalu #Cari_Aman di jalan, maka, saat membawa barang dengan motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Pertama, pastikan tidak mengangkut bawang bawan yang melebihi kapasitas motor yang tercantum pada buku panduan. Karena, membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspense/shockbreaker, ban, dan komponen mesin dapat terkena dampak dari hal ini.

Kedua, pastikan barang yang dibawa tersebut tidak boleh melebihi panjang dari stang kendaraan. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi ruang gerak pengemudi dan berpotensi menyenggol pengguna jalan lain yang mengakibatkan kehilangan keseimbangan atau terjatuh. Ketiga, untuk #cari_aman, pengendara motor juga harus memperhatikan dimensi barang bawaan tidak boleh lebih tinggi dari pengemudi. Sebab hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan ketika berkendara.

Keempat, untuk menghindari resiko terganggunya keseimbangan atau jatuh, maka pera pengendara motor perlu memastikan telah mengikat barang tersebut dengan kuat pada motor. Sedangkan yang kelima, pastikan juga barang bawaan tidak menutupi lampu sein dan lampu rem, mengingat fungsi keduanya sangat penting untuk menyampaikan informasi sekaligus memberikan tanda pada pengendara di belakang ketika hendak berbelok atau mengurangi kecepatan.

“Saat ini masih banyak para pengguna motor yang lalai dalam menjaga keselamatan, karenanya Honda melalui tim keselamatan berkendara (safety riding) terus berupaya berkontribusi menciptakan lalu lintas aman dan nyaman dengan mengkampanyekan pentingnya #Cari_aman saat naik motor di jalan, karena banyak hal berharga dalam hidup yang harus dijaga dan dilindungi, “ ujar Ismed Risya.(ril)