Diterpa Badai Hebat, Akhir Pekan Rupiah dan IHSG Baik-baik Saja

Ilustrasi kinerja IHSG. Ist

Fokusmedan.com : Pasar keuangan nasional berhasil melewati pekan ini dengan kinerja yang cukup menggembirakan. IHSG ditutup naik 0.64% di level 7.042,94. Secara poin to poin, kinerja IHSG di akhir pekan ini membaik jika dibandingkan dengan kinerja di akhir pekan lalu.

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah terpantau mengalami pelemahan jika membandingkan kinerjanya di akhir pekan yang lalu.

Rupiah di perdagangan Jumat (24/6/2022) sore ini ditransaksikan dikisaran 14.858 per US Dolar. Sementara di akhir pekan sebelumnya, kinerja mata uang Rupiah ditransaksikan dikisaran level 14.780 per US Dolar. Namun jika berkaca kepada kinerja mata uang Rupiah dalam 5 hari terkahir, Rupiah pada dasarnya masih bergerak dalam rentang stabil.

“Mata uang rupiah terpatau berfluktuasi dalam rentang 14.780 hingga 14.870 per US Dolar selama sepekan terakhir,” ujar Analis Pasar keuangan Gunawan Benjamin, Jumat (24/6/2022).

Bahkan kinerja mata uang rupiah terpantau tidak berubah banyak setelah Bank Indonesia mempertahankan besaran bunga acuannya. Meskipun terlihat dalam tekanan, tetapi Rupiah sendiri masih dalam posisi yang tidak terpuruk dalam. Padahal sebelum BI menahan besaran bunga acuannya, The FED justru telah menaikkan besaran bunga acuannya sebesar 75 basis poin.

Ini menunjukan bahwa kebijakan BI tidak memperburuk kondisi pasar keuangan nasional. Semua terpantau dalam kondisi yang baik baik saja setelah sebelumnya sejumlah pelaku pasar sempat mengkhawatirkan tekanan yang muncul seandainya BI justru tidak menaikkan bunga acuannya. Setelah dua kebijakan penting (BI dan The FED), maka sudah melewati badai besar di bulan ini.

“Kita tunggu di bulan depan terkait kebijakan yang sama yang akan diambil. Selebihnya kita akan sangat bergantung kembali pada realisasi data data ekonomi khususya inflasi, ditambah dengan perkembangan seputar harga enerji, geopolitik hingga ancaman gelombang Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, harga emas terpantau bolak baik dalam rentang harga yang sempit dalam rentang $1.820 hingga $1.840 per ons troy nya. Di akhir pekan ini, harga emas ditransaksikan dikisaran level $1.826 per ons troy atau sekitar Rl875 ribu per gramnya.(ng)