Bogor Diterjang Banjir Bandang, 1.620 Warga Terdampak

Banjir melanda Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dok BPBD Kabupaten Bogor

Fokusmedan.com : Banjir dan tanah longsor
melanda wilayah Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Belasan rumah warga dilaporkan rusak parah, dan 2 jembatan terputus.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan, longsor dan banjir terjadi pada Rabu 22 Juni 2022 pukul 18.30 WIB. Sebanyak 1.620 warga terdampak banjir tersebut.

“Hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran sungai dan anak kali sungai di Desa Cibunian, mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Desa Cibunian. Jumlah jiwa 1.620 jiwa,” kata Aris dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Aris mengatakan ribuan warga terdampak itu berasal dari RT 01, 02, 03, 04, 05 RW 06 Kampung Cisarua, Desa Purasari, Lewiliang, Kabupaten Bogor.

Rinciannya, sebanyak 240 jiwa dari RT 01, 280 jiwa dari RT 02, 245 jiwa dari RT 03, 275 jiwa dari RT 04 dan 580 jiwa dari RT 05.

Aris menjelaskan banjir bandang terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran Kali Cisarua. Sehingga mengakibatkan banjir bandang dan terputusnya aliran air bersih warga.

Aris menyebut pihaknya sudah melakukan beberapa upaya penanganan. Pihaknya mengklaim telah melakukan evakuasi dan koordinasi dengan aparat setempat, asesmen dan melakukan distribusi air bersih.

“Aparat yang terlibat di lapangan TRC BPBD Kabupaten Bogor dan Masyarakat,” ujarnya.

Menurut Aris, situasi terkini air sudah berangsur surut. Namun ia tetap mengimbau agar tetap waspada dan ditempat aman.(ng)