Pemko Medan Bentuk Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

Fokusmedan.com : Untuk mencegah stunting, Pemko Medan membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) di seluruh kecamatan.

Hal itu disampikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan dr Suryadi Panjaitan kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

Ia menjelaskan, upaya penurunan stunting dilakukan melalui dua intervensi yaitu intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif. Adapun intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung terjadinya stunting dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung.

“Jadi akan lebih efektif apabila kedua intervensi dilakukan secara terintegrasi atau terpadu,

Saat ini, lanjutnya, Walikota Medan telah mendorong seluruh OPD untuk memperkuat kolaborasi dalam mempercepat penurunan stunting. Dia menuturkan, segenap potensi yang ada dikerahkan untuk mengatasi persoalan ini yang ditindaklanjuti dengan program-program terintegrasi.

“Wali Kota terus mendorong ODP untuk berkolaborasi untuk mengatasi persoalan stunting. Tujuannya untuk menurunkan angka stunting di Medan,” jelasnya.

“Ha itu mengacu pada amanat Peraturan Presiden, Nomor: 72 Tahun 2021, percepatan penurunan stunting harus dilaksanakan secara holistik, integratif, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi di antara kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, serta pemangku kepentingan,” pungkasnya.(riz)